Wisata Kabupaten Semarang

Hai Sidikul.com disini, sekarang ini saya merasa bahwa tahun ini begitu berbeda. Bukan karena usia saja yang bertambah namun juga kebiasaan kita yang berubah, bisanya yang asyik keluar rumah dengan bebas bisa maen kesana kemari muter-muter rumah.

Bahkan bisa liburan ke tempat wisata, rumah saya memang bukan tempat wisata namun cukuplah jika saya keluar melihat pemandangan wisata kabupaten Semarang.

Namun sekarang tidak bisa sebebas dahulu dimana saat ini kita sedang berada pada masa pandemi sebab adanya wabah virus Covid19 dimana kita diharuskan untuk berada dialam rumah untuk waktu yang tidak bisa di tentukan.

Sehingga kegiatan berlibur ria sangatlah dilarang, kecuali dengan mengikuti protokol yang telah pemerintah buat agar masyrakat tetap aman saat berada di tempat liburan.

Begitu juga dengan saat ini dimana saya tinggal di Kabupaten Semarang yang mana setiap destinasi wisatanya sangat mengikuti aturan & protokol keselamatan dari virus covid19.

Inilah tindakan bagaimana destinasi wisata di kabupaten Semarang menyambut era adaptasi kebiasaan baru pasca pandemi Covid19 dengan menerapkan protokol kesehatan serta perilaku hidup bersih dan sehat, sebab kabupaten semarang tanggap covid.

Kabupaten Semarang termasuk kota kecil yang sejuk dan asri berada di kaki gunung Ungaran provinsi Jawa Tengah. Wisata kabupaten Semarang banyak menawarkan destinasi menarik yang kebanyakan bernuansa alam baik berupa panorama pegunungan maupun wisata air.

Wisata Kabupaten Semarang yang Cocok saat Pandemi

Untuk sekedar refreshing selepas pandemi maka, wisata kabupaten Semarang memang tiada tandingannya. Berikut rekomendasi tujuan wisata kabupaten Semarang yang sayang untuk dilewatkan.

waduk rawa pening
New Normal – Waduk Rawa Pening Semarang

1. Waduk Rawa Pening

Diapit oleh tiga gunung sekaligus yaitu Gunung Ungaran, Gunung Telomoyo dan Gunung Merbabu. Destinasi liburan ini adalah danau alami yang mempunyai air yang benar-benar jernih.

Disebut Rawa Pening yang dalam bahasa jawa, rawa artinya danau dan pening artinya bening. Nama yang sesuai dengan kejernihan air danau. Danau Rawa Pening sendiri secara administratif berada di empat kecamatan meliputi Ambarawa, Tuntang, Banyubiru, dan Bawen.

Semuanya di bawah Kabupaten Semarang. Lokasi wisata alam ini kian terkesan romantis saat wisatawan mengunjunginya di senja hari ketika sang surya mulai tenggelam yang nampak jelas di ufuk barat.

2. Watu Gunung

Source : jejakpiknik.com – keindahan watu gunung

Lerep adalah nama salah satu desa di Kabupatan Semarang yang populer dengan wisata alam Watu Gunung. Destinasi wisata kabupaten Semarang yang satu ini sebetulnya merupakan tempat wisata buatan hanya saja dibuat bernuansa alam pegunungan.

Berdiri rumah Joglo yang merupakan rumah adat khas Jawa tengah yang ikut menambah pesona tempat wisata yang satu ini. Di samping itu disediakan pula hamparan taman asri dengan pepohonan rindang plus kolam ikan bagi pengunjung yang punya hobi mancing.

Di dekat taman juga dilengkapi beberapa gazebo dan saung untuk tempat beristirahat para pengunjung sambil menikmati panorama alam pegunungan yang menyejukkan mata.

3. New Bandungan Indah Waterpark and Family Resort

Sesuai namanya, tempat ini menawarkan fasilitas wisata waterpark yang terdiri dari kolam renang, kolam arus, perosotan, wahana air tumpah, dan masih banyak lagi. Tak cuma itu saja, disediakan pula taman bermain anak, flying fox, outbound, hingga kendaraan ATV untuk aktifitas seru para pengunjung.

Tak sekedar menyuguhkan arena rekreasi modern untuk keluarga namun buat traveler yang hendak bermalam pun telah disiapkan akomodasi berfasilitas resort dan bahkan hotel berbintang.

Tak ketinggalan juga kolam pemancingan diperuntukkan bagi pengunjung yang suka dengan aktifitas ini. Ada juga beberapa restoran dan cafe untuk memenuhi kebutuhan kuliner pengunjung saat sudah lelah beraktifitas.


4. Umbul Sidomukti

Umbul Sidomukti yang berada di kawasan Bandungan boleh disebut sebagai destinasi wisata perpaduan tempat rekreasi buatan dan panorama pegunungan. Berbagai aktifitas yang disuguhkan wisata kabupaten Semarang ini mulai dari empat bidang kolam renang berkedalaman berbeda berdasarkan usia, arena menunggang kuda, play ground yang luas, sarana lengkap outbound, flying fox, dan masih banyak lagi.

Wahana menantang Flying fox merupakan aktifitas andalan dari lokasi wisata Umbul Sidomukti dimana panjang sling yang terbentang hingga 110 meter yang akan mengajak pengunjung serasa terbang melintasi bukit.

Panorama alam yang terbentang di sekeliling lembah pun sungguh adem dan asri membuat pengunjung betah berlama-lama di sini.

5. Wana Wisata Penggaron

Adalah sajian destinasi wisata berupa kawasan hutan berpepohonan rindang sehingga membuat kawasan di bawahnya sejuk, asri, dan nyaman. Tidak sedikit para wisatawan yang berkunjung hanya sekedar ingin menikmati panorama hutan atau bahkan bermalam dengan mendirikan kemah.

Di samping itu, di kawasan wisata ini pun ditemukan banyak jenis tumbuhan dan pepohonan, serta aneka fauna yang didominasi jenis-jenis unggas.

Pengunjung bisa memasuki kawasan perkemahan yang berada di hamparan padang rumput yang sesekali difungsikan pula untuk bermain golf. Di samping area perkemahan, disediakan pula semacam taman bermain anak berupa arena beraktifitas outbound, flying fox, dan masih banyak pilihan lain.

6. Bukit Cinta

Lokasi berlibur bernuansa alam dengan nama Bukit Cinta ini menawarkan panorama Bukit Brawijaya yang rindang dan Danau Rawa Pening berair jernih. Bukit Cinta sangat pas bagi para pengunjung yang datang berpasangan untuk menikmati suguhan panorama alam yang eksotis.

Pengunjung pun bisa melepaskan beban pikiran dengan bermain di playground yang disediakan. Bukit Cinta posisinya cukup dekat dengan Danau Rawa Pening, dengan begitu pengunjung yang datang bisa menikmati dua tempat berlibur sekaligus.

7. Kolam Renang Tirto Argo Siwarak

Tak sekedar sebagai lokasi berlibur bernuansa air, tetapi tidak sedikit pula masyarakat setempat yang berkunjung untuk berenang. Tak heran sebab kecuali kolam renang yang dilengkapi aneka wahana permainan, disiapkan pula kolam untuk berlatih renang mulai anak-anak hingga dewasa.

Pengunjung pasti betah berlama-lama di Tirto Argo Siwarak sebab panorama di sekelilingnya memang sangat sejuk berkat rimbunnya pepohonan cemara dan pinus menjulang.

8. Curug Lawe

Curug Lawe merupakan pilihan menarik lain dari wisata kabupaten Semarang. Lokasi liburan bernuansa alam ini berada di kaki Gunung Ungaran.

Curug artinya air terjun yang deras mengalir dari tengah-tengah cekungan bukit. Yang menarik dari Curug Lawe selain suguhan alamnya yang asri yaitu pembatasan jumlah pengunjung. Setiap harinya Curug Lawa maksimal cuma bisa dimasuki 200 pengunjung saja. Apabila telah mencapai jumlah tersebut maka kawasan ini akan ditutup sementara.

Wisatawan yang berkunjung ke Curug Lawe akan disuguhi rute yang menantang dengan jalan yang harus dilalui adalah lereng yang menanjak. Meski begitu wisatawan akan menemui panorama hutan yang rindang dengan sawah menghijau yang terbentang di kanan kiri jalan.

8. Curug Benowo

Tetap berlokasi di sekitar kaki Gunung Ungaran, Curug Benowo berada dekat dengan Curug Lawe tepatnya ada di Desa Kalisidi. Curug yang satu ini pun terhitung alami dan asri bebas dari campur tangan manusia.

Air terjun ini posisinya cukup tersembunyi dengan rute untuk mencapainya yang lumayan sulit. Hutan rindang diselingi hamparan sawah dan perkebunan adalah suguhan alam yang akan membuat pengunjung terkesan dan betah untuk tetap berada di sini.

9.  Gunung Ungaran

Meski tingginya tak cukup ekstrim namun Gunung Ungaran sering dipilih sebagai jalur pendakian para pecinta alam. Gunung Ungaran sangat menyenangkan untuk didaki bagi mereka yang baru belajar bagaimana aktifitas pendakian yang sesungguhnya.

Di sini pengunjung pun bisa beraktifitas dekat dengan alam dengan mendirikan kemah dan bermalam di kawasan dengan hawa yang cenderung dingin ini.

Di Gunung Ungaran ada sumber mata air panas yang cukup untuk menghangatkan badan yang kedinginan. Pengunjung atau pendaki juga bisa melihat beberapa curug masih alami.

10. The Fountain Waterpark

Sebagai bagian dari wisata kabupaten Semarang, The Fountain Waterpark menawarkan wisata air yang sangat lengkap mulai dari kolam renang berair panas, perosotan, kolam arus, dan masih banyak lagi wahana air yang bisa dipilih.

Sebagaimana area waterpark, kolam renang utama yang ditawarkan pun ada empat berkedalaman berbeda-beda. Kecuali waterpark, disediakan pula restoran modern dengan sajian aneka menu kuliner asli Jawa Tengah.

Melengkapi aktifitas berwisata pengunjung, The Fountain Waterpark pun memiliki area outbound, flying fox, playground dan banyak lagi yang akan membuat liburan keluarga menjadi seru dan berkesan.

Kesimpulan

Source : jateng.polri.go.id – antisipasi wisata kabupaten semarang

Saat ini semarang memanglah sangat giat & serius sehingga haruslah jadi kabupaten yang memang tanggap covid sejak dini. Sehingga gencar sekali kabupaten semarang untuk mempromosikan wisata yang ada di dekat semarang yang memang dijaga akan kesehatannya.

Tulisan ini dibuat untuk mengikuti Lomba Blog : Wisata Kabupaten Semarang Di Era Adaptasi Kebiasaan Baru

6 pemikiran pada “Wisata Kabupaten Semarang”

Tinggalkan komentar