Home / Tips Melebarkan Bisnis UMKM

Tips Melebarkan Bisnis UMKM

Tips Melebarkan Bisnis UMKM dengan Sukses Ala Ayam Keprabon

Simak sidikul.com inilah 5 Tips Melebarkan Bisnis UMKM dengan Sukses Ala Ayam Keprabon, Pandemi Covid-19 masih berlangsung, banyak orang banting setir serta bertahan hidup dengan mulai berbisnis UMKM, Salah satu zona bisnis yang diminati merupakan UMKM santapan serta minuman, semenjak pandemi menyerang, Indonesia diramaikan dengan bermacam pendatang baru dari dalam serta luar negara.

Di tengah pesatnya perkembangan industri UMKM kuliner, sebagian nama lokal berkembang serta sukses berekspansi sampai mempunyai ratusan karyawan serta cabang.

Bermacam metode dicoba buat menarik pasar, mulai dari kerja sama dengan influencer populer, sampai secara pintar mengoptimalkan kampanye-kampanye bertepatan pada menawan semacam 6. 6, 12. 12 yang dicoba layanan pembayaran digital.

Salah satu pemain lokal yang sukses menggebrak merupakan Ayam Keprabon.

Gerai santapan yang populer dengan varian ayam geprek yang menggugah selera ini tumbuh pesat dari cuma mempunyai satu outlet di kota asalnya Solo, sampai saat ini mempunyai 600 karyawan serta 60 gerai waralaba dengan nama Ayam Keprabon Express.

Di tengah kesibukannya mempersiapkan partisipasi Ayam Keprabon Express dalam kampanye bertepatan pada menawan ShopeePay Mid Year Deals, Renny Rantika, CEO & Co-Founder Ayam Keprabon Express, memberikan 5 panduan serta rahasia bisnis UMKM Ayam Keprabon Express yang sukses jadi industri lokal yang tumbuh di Indonesia.

Penasaran? Ayo ikuti ulasanya berikut ini:

Tips Melebarkan Bisnis UMKM dengan Benar & Sukses

1. Keberhasilan datang Setelah 10 Kegagalan

Ayam Keprabon Express tidaklah bisnis awal Renny serta suami. Gemar berdagang sedari dahulu, peruntungan bisnis di bermacam bidang telah sempat dicoba. Bila dihitung, tiap dari 10 jari tangan dapat mewakili kegagalan demi kegagalan dalam berbisnis.

Mulai dari berjualan kerupuk di pinggiran jalur Bandung, usaha retail, sampai jadi agen asuransi sempat dilakoni Renny dengan hasil yang kurang menggembirakan.

Walaupun berulang kali kandas, kunci keberhasilan Renny serta suami terdapat pada kegigihan serta keberanian buat senantiasa mengawali lagi dari nol sehabis sesuatu kegagalan.

2. Alon-Alon Asal Kelakon

Ketika banyak pemain lain di industri mamin fokus buat lekas membuka cabang sebanyak bisa jadi sekalian, Renny serta suami memilah aliran berbeda. Dia lebih memilah mengawali lama-lama sehingga mempunyai waktu lebih buat membentuk fondasi bisnis yang matang.

Renny mengambil waktu kurang lebih satu tahun, buat mempersiapkan jalan distribusi, standar bahan baku, standar karyawan serta lain-lain saat sebelum membuka waralaba Ayam Keprabon Express.

Baca Juga :   Cara Praktis Membuat Kue Lekker/Crepes yang Bikin Anak-Anak Rebutan

Fondasi ini pula terbuat di zona dapur. Dari dini berdiri sampai saat ini, Ayam Keprabon Express menggerakkan roda makanannya dari central kitchen yang terdapat di Solo.

Central kitchen ini menyalurkan bahan santapan ke 60 cabang waralaba yang tersebar di bermacam kota besar di Indonesia. Tidak cuma bumbu serta bahan aksesoris, stok ayam sampai sambal bohay (sambal bawang) serta yang terkini sambal karca (kari-rica) dipasok dari central kitchen ini.

Sumber yang terpusat ialah upaya buat mengeliminasi tantangan bisnis waralaba, ialah rasa yang tidak tidak berubah-ubah antara satu cabang dengan yang lain. Alon-alon asal kelakon, alias pelan-pelan saja asal sukses, jadi motto yang Renny serta suami yakin.

3. Fokus, lurus dan jalan terus

Sebagai industri yang dinamis, pemain baru silih berubah menawarkan bermacam produk. Sebagian pemain lama pula mendiversifikasi bisnis dengan membuka industri dengan varian santapan berbeda dari kakaknya.

Berbeda dengan tren tersebut, Renny serta suami lebih memilah buat fokus berinovasi pada bisnis Ayam Keprabon yang dirintisnya. Fokus tersebut membuat Ayam Keprabon mahir dalam menghasilkan inovasi.

Salah satu inovasi yang terbuat Ayam Keprabon merupakan menu Sushi Geprek yang sukses viral serta menggebrak media sosial di periode akhir 2020 kemudian.

Baca Juga :   Cara Mendapatkan Banyak Uang

4. Buka peluang untuk kolaborasi dengan siapapun

Beberapa perusahaan yang sudah besar umumnya enggan bekerja sama dengan industri pendatang baru. Berbeda dengan perihal tersebut, Renny menekankan kalau Ayam Keprabon senantiasa terbuka buat bekerjasama dengan siapapun, asalkan dapat membagikan keuntungan ataupun kemudahan buat konsumen.

Perihal tersebut yang mendasari bergabungnya Ayam Keprabon Express selaku merchant ShopeePay di dini kemunculan layanan pembayaran tersebut pada dini tahun 2020.

5. Jangan puas ketika Sudah go-digital

Banyak bisnis UMKM kuliner yang puas kala telah go-digital serta bergabung jadi mitra layanan pesan antar santapan serta layanan pembayaran digital. Sementara itu di luar situ, kompetitor juga melaksanakan perihal seragam.

Renny serta timnya mengambil satu langkah lebih maju dengan mengoptimalkan kampanye yang dicoba layanan pembayaran digital. Selaku contoh, Ayam Keprabon Express dikala ini berpartisipasi dalam kampanye bertepatan pada menawan ShopeePay Mid Year Deals.

Pada kampanye tersebut, pengguna dapat memperoleh produk Ayam Keprabon Express serta produk dari ratusan merchant yang lain dengan lebih hemat berkat terdapatnya tawaran cashback 100%.

“Tidak cuma menguntungkan untuk konsumen, partisipasi pada kampanye bertepatan pada menawan teruji menguntungkan Ayam Keprabon Express secara finansial. Transaksi penjualan setiap hari kami dapat bertambah sampai lebih dari 50% bila menjajaki kampanye bertepatan pada menawan dibanding hari umumnya,” kata Renny.