Home / Tips Efisiensi dan Efektivitias Manajemen Proyek bersama Tomps

Tips Efisiensi dan Efektivitias Manajemen Proyek bersama Tomps

tips efisiensi dan efektivitias manajemen proyek

Tentu kita sebagai pemegang sebuah proyek perlu sebuah tips efisiensi dan efektivitias manajemen proyek agar sebuah proyek bisa berhasil dan berjalan dengan lancar.

Apa itu Manajemen Proyek ?

Manajemen proyek merupakan salah satu segmen paling penting dalam industri konstruksi.

Segmen ini melibatkan banyak proses seperti perencanaan, penganggaran, penjadwalan, persiapan materi, dan masih banyak lagi sehingga membuat manajemen proyek konstruksi menjadi sangat menantang.

Tentang Proyek serta Manajemen Proyek

Suatu profesi yang direncanakan serta mempunyai target atau tujuan spesial alhasil bisa dituntaskan dengan cara jelas pada durasi khusus diucap dengan proyek.

Umumnya, proyek hendak digarap oleh sebagian orang serta unsur-unsur lain semacam vendor, rekan, serta serupanya. Bagi Dipohusodo (1995) melaporkan kalau proyek merupakan sesuatu usaha memobilisasi pangkal energi yang ada serta diorganisasikan supaya menggapai tujuan, target serta impian khusus yang wajib dituntaskan pada durasi khusus cocok perjanjian.

Sesuatu proyek hendak mempunyai karakter khusus supaya bisa dibedakan dengan proyek yang lain.

Bagi Larson yang diterjemahkan oleh Dimyati serta Nurjanah (2014), karakter penting dari suatu proyek merupakan selaku selanjutnya:

  1. Penentuan tujuan.
  2. Era hidup yang terdefinisi mulai dini sampai akhir.
  3. Mengaitkan sebagian unit serta handal.
  4. Melaksanakan suatu yang belum sempat dicoba tadinya.
  5. Durasi, bayaran serta keinginan yang khusus.

Sebaliknya bagi Raja (2020), menginformasikan kalau sesuatu proyek mempunyai produk akhir (output) berbentuk benda ataupun pelayanan yang diperoleh dari pangkal energi (input).

Dimana cara dari input mengarah output itu dibatasi oleh durasi khusus (terbatas) dengan bayaran serta mutu yang telah disetujui tadinya (kontrak).

Produk dari sesuatu proyek paling tidak wajib mempunyai salah satu dari angka selanjutnya: angka ekonomi, angka teknis, angka sosial, akibat (impact), serta khasiat (benefit).

Bersumber pada pemaparan di atas, bisa disimpulkan kalau proyek mempunyai identitas semacam selanjutnya ini:

  • Sistem ataupun daur.
  • Bertabiat energik.
  • Cuma terdapat satu kali aktivitas tanpa kesekian buat aktivitas semacam.
  • Dibatasi oleh durasi, bayaran, serta mutu khusus.
  • Mempunyai banyak kegiatan yang silih terpaut.
  • Mengaitkan banyak macam pangkal energi, kemampuan, keahlian, serta teknologi.
  • Dipengaruhi oleh aspek area.

Tidak hanya mempunyai karakter serta identitas khusus, suatu proyek pula bisa dikelompokan jadi sebagian tipe. Bagi Soeharto (1999), terdapat 7 tipe proyek yang bisa digarap, ialah:

  1. proyek Engineering-Konstruksi
  2. proyek Engineering-Manufaktur
  3. proyek Riset serta Pengembangan
  4. proyek Jasa Manajemen
  5. proyek Kapital
  6. proyek Radio-Telekomunikasi
  7. proyek Pelestarian Bio-Diversity

Suatu proyek mempunyai rotasi hidup yang diucap dengan Daur Hidup proyek. Terdapat 4 langkah dalam daur hidup proyek ialah: Langkah Penobatan, Langkah Pemograman, Langkah Eksekusi, serta Langkah Penutupan.

Kemudian apa maksud dari 4 langkah itu? Selanjutnya uraian dari tiap-tiap langkah dalam daur hidup proyek.

1. Langkah Penobatan atau Initiation

Langkah ini terjalin kala suatu proyek telah disetujui oleh unsur-unsur yang mempunyai kebutuhan. Pada langkah penobatan, hendak dicoba pengenalan permasalahan serta pemecahan yang sangat pas buat dianjurkan.

Bila pemecahan telah sukses diresmikan, hingga seseorang administrator proyek hendak ditunjuk kemudian membuat regu buat menuntaskan proyek itu.

2. Langkah Pemograman atau Planning

Pada langkah ini, suatu akta proyek hendak terbuat. Esoknya akta ini hendak dijadikan bimbingan oleh regu buat melakukan tugas-tugas proyek.

Ada pula akta yang wajib terbuat antara lain merupakan site plan, financial plan, resource plan, acceptance plan, risk plan, procurement plan, communication plan, contract pemasok serta perform phare review.

3. Langkah Eksekusi atau Execution

Sehabis regu dibangun serta akta pemograman telah terbuat, hingga langkah berikutnya merupakan eksekusi proyek. Pada langkah ini, tujuan ataupun sasaran proyek dengan cara raga hendak dibentuk.

Baca Juga :   Kompetisi MasterChef adalah Settingan ?

Tidak hanya pengerjaan dengan cara raga, pada langkah eksekusi pula dibarengi dengan cara manajemen lain semacam memantau serta mengendalikan cara pengerjaan proyek supaya memperoleh hasil akhir yang bagus.

4. Langkah Penutupan atau Closure

Pada langkah ini, cara pengerjaan proyek sudah berakhir serta hasil akhir telah berhasil. Tahap berikutnya merupakan memberikan akta hasil akhir dari pengerjaan proyek pada klien.

Kontrak dengan pemasok diakhiri serta regu proyek dibubarkan. Seluruh stakeholder diberi informasi hasil akhir proyek serta diberi ketahui kalau proyek telah berakhir.

Pada langkah ini pula dicoba post implementation review buat mengenali tingkatan kesuksesan proyek serta mengutip pelajaran supaya pengerjaan proyek di era kelak dapat lebih bagus lagi.

Manajemen Proyek dengan Aplikasi Tomps

Semacam yang telah dipaparkan di atas, kalau melaksanakan manajemen proyek hendak amat lingkungan serta meletihkan. Terlebih bila jenjang proyek dari mulai penobatan sampai penutupan dicoba dengan cara konvensional,

Tentu hendak menginginkan daya ekstra. Coba bayangkan bila kalian melaksanakan manajemen proyek dengan metode konvensional.

Mulai dari survei langsung ke alun-alun, mengecap akta serta memisahkannya pada map, membuat informasi pada spreadsheet dan bertamu orang alun-alun buat bertanya progress pengerjaan proyek.

Amat tidak berdaya guna serta tidak efisien, bukan? Belum lagi dengan kemampuan akibat kurang baik yang hendak ditimbulkan semacam pengagendaan yang berhamburan, informasi yang tidak cermat, terjalin fraud yang hendak membuat bayaran jadi meningkat, dan komunikasi yang kurang baik alhasil pengaruhi kemampuan regu.

Kemudian gimana jalan keluarnya?

All in One! Seluruh permasalahan yang dipunyai oleh metode konvensional dalam melaksanakan manajemen proyek bisa ditangani cuma dengan satu aplikasi, ialah Tomps. id, afdal! Sesungguhnya, apa sih Tomps itu?

Tomps merupakan tools aplikasi manajemen proyek berplatform aplikasi mobile serta website yang muncul sebab keinginan hendak mutu, daya guna, dan kecekatan monitoring kemajuan proyek pembangunan di alun-alun.

Tomps memajukan kemampuan dalam pengurusan proyek lewat pengontrolan online yang bisa dicoba dimanapun serta kapanpun.

Apa itu Tomps.id

Tomps ialah produk digital dari PT Telekomunikasi Indonesia (Telkom) yang bermaksud buat menghasilkan impactful project management ecosystem di Indonesia untuk mengoptimalkan kesempatan serta kemampuan yang terdapat.

Kedepannya Tomps mau mendekatkan jarak serta ikatan para project stakeholder serta vendor lewat easy mobility service, dan jadi pemecahan manajemen proyek terdahulu di Indonesia.

Fitur Aplikasi Manajemen Proyek Tomps

Dalam menciptakan tujuannya, Tomps menyiapkan dirinya dengan fitur-fitur yang amat berguna serta mempermudah konsumen.

Manajemen Proyek bersama Tomps

Fitur itu dikemas dengan amat menawan dan friendly sehingga tidak membuntukan para konsumennya. Selanjutnya ini merupakan 4 fitur penting yang ditawarkan oleh Tomps.

1. Dashboard

Fitur all in one yang terdapat pada dashboard Tomps hendak membuat Anda lebih gampang dalam melihat reporting keseluruhan proyek yang lagi diatur dengan amat kilat.

Terdapat bermacam data yang tertata dengan apik di laman dashboard Tomps, antara lain agenda penanganan, angka perhitungan proyek, pedaran posisi proyek, sasaran serta realisasi Informasi Kegiatan Serah Dapat (BAST), sampai jumlah user yang aktif.

2. Project

Anda dapat membuat proyek serta merancang durasi penyelesaiannya cocok perjanjian bersama dari para eksekutif proyek. Tidak hanya itu, Anda pula dapat mengundang stakeholder untuk bekerja sama dalam tools manajemen proyek Tomps.

Atur pula patokan proyeknya serta pastikan bertepatan pada jatuh tempo dengan antara durasi yang sudah direncanakan. Sehabis proyek terbuat, Anda dapat melakukan project control dan project tracking dengan gampang.

Anda pula bisa memandang status proyek yang lagi digarap, apakah dalam status initial, in-progress, atau closing.

3. Report

Cuma dalam satu tahap, Anda telah dapat memandang seluruh status proyek yang lagi digarap lewat aplikasi manajemen proyek Tomps.

Bukan cuma itu, ada pula informasi yang perinci, tembus pandang, dan real-time buat aktivitas melacak informasi, kemajuan resiko, permasalahan, serta pergantian pada proyek.

Nyata, perihal ini amat menolong Anda dari memakai metode konvensional. Bayangkan saja gimana ribetnya.

4. Project Cost

Tomps sanggup mengatur proyek Anda dengan bagus alhasil dapat menjauhi peluang cost overrun.

Tidak hanya itu, Tomps pula bisa membagikan kemampuan pada ruang penyimpanan spreadsheet anda yang kilat penuh dengan digantikan fitur unlimited On-Cloud.

Pilihan On-Premise yang bisa Anda nikmati hendak membagikan dongkel mengurus serta keamanan penuh pada semua informasi proyek yang Anda punya.

Tidak hanya mempunyai 4 fitur penting semacam di atas, Tomps pula mempunyai fitur-fitur lain yang menarik.

Fitur ini bisa dipakai buat mengatur proyek secara end to end, mulai dari langkah penobatan sampai penutupan.

Selanjutnya ini merupakan sebagian fitur menarik yang bisa Anda rasakan.

  • Project Scheduling, Planner, and Completion.
  • Project Tracking.
  • Project Cost.
  • Project Appraisal.
  • Document& Evidence Repository.
  • Unlimited Cloud.
  • Role Access Management.
  • Vendors Performance Report.
  • Automatic Project Report.
  • Gantt Chart& S-Curve.
  • Geo-Map Tagging& Visualization.
  • API Integration.
  • Customization-Friendly.
Baca Juga :   Doa Khatam Al-Quran Sesuai Sunnah Rasulullah SAW

Manfaat Tomps untuk Anda

Semacam yang dikenal kalau Tomps mempunyai banyak khasiat yang bisa Anda rasakan. Seluruh itu hendak Anda miliki dengan gampang lewat aplikasi Tomps yang dapat di unduh pada google playstore ataupun lewat websitenya langsung.

Kemudian apa saja khasiat yang diserahkan oleh Tomps? Paling tidak terdapat 6 khasiat, ialah selaku selanjutnya.

Manajemen Proyek yang Tepat

Tomps bisa membagikan Anda keringanan buat melaksanakan manajemen proyek di alun-alun cuma dengan satu aplikasi. Anda hendak dengan gampang menata pengagendaan, pemograman serta realisasi, sampai informasi pemodalan proyek.

Memang aplikasi manajemen proyek yang amat sempurna dengan sistem all in one!

Manajemen Inventaris yang Lengkap

Tidak hanya bisa dipakai buat manajemen proyek, Tomps pula sediakan fitur buat manajemen inventaris. Alhasil Anda hendak dengan gampang melaksanakan monitoring laporan standard inventory, kegiatan peralatan, sampai pemakaian material proyek di alun-alun.

Penyimpanan Akta Digital yang Rutin

Simpan informasi eviden Anda pada sistem penyimpanan digital Tomps, alhasil informasi itu hendak dilindungi dengan nyaman.

Tidak hanya itu, Anda pula hendak memperoleh keringanan dalam unggah serta mengunduh informasi yang terdapat pada penyimpanan Tomps ini.

Meminimalisir Penyimpangan (Fraud)

Campakkan rasa takut Anda hendak kesempatan terbentuknya penyimpangan (fraud). Karena, Tomps muncul dengan sistem manajemen proyek serta tips efisiensi dan efektivitias manajemen proyek yang amat bagus alhasil akan bisa menghindari terbentuknya perihal yang tidak di idamkan (fraud).

Dengan sedemikian itu, tips efisiensi dan efektivitias manajemen proyek Anda akan bebas dari fraud yang dapat menimbulkan kehilangan.

Monitoring Secara Real-Time

Seluruh cara yang terdapat di dalam Tomps dicoba dengan cara online serta dapat diakses dengan gampang oleh konsumen. Tidak hanya itu, sistem monitoring secara real-time juga mempermudah Anda dalam memantau kemajuan penanganan proyek.

Kapanpun serta dimanapun Anda terletak, kontrol proyek dapat dicoba.

Kemampuan Pangkal Daya

Dapat dibilang kalau ini merupakan khasiat sekalian tujuan dari aplikasi manajemen proyek Tomps. Pada dasarnya Tomps mau membuat proyek yang Anda kerjakan jadi berdaya guna serta optimalisasi bayaran proyek. Perihal ini hendak tingkatkan profit untuk Anda serta kurangi efek kekurangan bayaran.

Keunggulan Tomps selaku Aplikasi Manajemen proyek yang Handal

Tidak hanya membagikan banyak khasiat buat Anda, Tomps pula mempunyai keunggulan yang amat menolong dalam cara manajemen proyek.

Keunggulan yang ditawarkan oleh Tomps hendak mengubah pandangan Anda kepada bayaran aplikasi buat manajemen proyek.

Karena, dengan keunggulan ini Anda dapat memperoleh keringanan serta kemampuan buat menggapai sasaran.

Alhasil Anda tidak hendak mempertimbangkan perhitungan bayaran aplikasi yang bagi Anda tidak berarti.

Sehabis memandang keunggulan Tomps selanjutnya ini, apakah Anda sedang menyangka kalau perhitungan buat aplikasi manajemen proyek itu tidak berarti? Silahkan ikuti sebagian keunggulan dari Tomps selanjutnya ini.

Securing Capex

proyek yang Anda kerjakan berpotensi menghabiskan durasi serta bayaran yang tidak tersangka, tetapi dengan menggunakan smart-features dari Tomps hendak membuat kesempatan pengiritan yang lumayan jelas.

Opportunity Loss and Profit

Bila Anda berani berupaya aplikasi manajemen proyek Tomps, minimun Anda telah memperoleh 2 keunggulannya. Keunggulan yang awal, Anda bisa meminimalisir peluang loss.

Keunggulan yang kedua, Anda bisa mengoptimalkan kemampuan dan profit.

Customization by Operating Model

Bentuk Tomps sangat user-friendly sehingga bisa dikustomisasi buat memaksimalkan user experience.

Kustomisasi itu bisa Anda jalani pada jenjang serta sub-tahapan di dalam proyek, alhasil mempermudah Anda dalam melakukan monitoring dan reporting kemajuan proyek.

On-Cloud and On-Premise

Suatu sistem tempat penyimpanan yang hendak mempermudah Anda dalam menaruh, mengunduh, serta unggah informasi proyek. Pengurusan informasi proyek secara On-Cloud and On-Premise dapat kurangi permasalahan penyimpanan online spreadsheet yang terbatas serta akta proyek yang berceceran.

Ada 3 Langkah dalam Mengatur Proyek dengan Tomps.Id

Aplikasi manajemen proyek Tomps betul-betul gampang buat dipakai. Cuma dengan (3) langkah saja, Anda telah bisa mengatur proyek yang lagi digarap.

Memanglah aplikasi yang amat menolong dalam mengatur sekalian tingkatkan efisiensi dan efektivitias manajemen proyek dengan tips efisiensi dan efektivitias manajemen proyek.

Kemudian apa saja langkah buat mengatur proyek di Tomps? Silahkan simak 3 langkah selanjutnya.

1. Entry Project Data

Langkah awal, Anda dapat merencankan proyek serta menginisiasikannya dalam sistem Tomps.

Terdapat sebagian perihal yang dapat anda setting pada langkah ini, antara lain: work-unit template, scheduling, budget plan, alur pengerjaan approval, pembagian regu, hak akses informasi, serta lain serupanya.

2. Pembaharuan Status & Evidence

Langkah kedua, seluruh wujud perubahan status proyek serta cara pengerjaan di alun-alun bisa dikabarkan dengan mudah hanya dengan smartphone melalui aplikasi Tomps.

Tidak hanya itu, Anda pula dapat melihat agenda serta perinci profesi selanjutnya yang wajib Anda jalani.

Baca Juga :   3+ Cara Terbaik untuk Menjaga Kesehatan di Tengah Pandemi

3. Review and Report

Langkah ketiga, proses penyusunan dan melihat review & report proyek dikala ini bisa dicoba dengan gampang. Anda dapat memberi tahu bermacam jenis report pada stakeholder dengan menggunakan Smart Project Management System milik Tomps.

Report tersebut meliputi General Report, Summary Report, Project Team Performance, PO Report, Issue Report, Gantt Chart, sampai S-Curve.

Sistem hendak membuat report tersebut secara otomatis, tembus pandang, dan real-time sesuai kemajuan di alun-alun.

Tips Efisiensi dan Efektivitias Manajemen Proyek

Nah, selanjutnya ini merupakan sebagian tips dari Tomps.id yang diharapkan bisa menolong kontraktor buat mempermudah pembedahan manajemen proyek mereka serta buatnya jadi lebih berdaya guna.

1. Untuk Pemograman dengan Matang

Saat sebelum mulai menanggulangi proyek, amat berarti untuk administrator proyek buat membuat konsep yang global serta mendetail terlebih dulu.

Pemograman yang wajib terbuat melingkupi menata perhitungan, menata agenda, memastikan keterbatasan kewajiban, memutuskan batas waktu durasi, membagikan pangkal energi, serta memastikan dorong ukur (milestone) buat mengukur kesuksesan.

Buat menjauhi janji serta ekskalasi bayaran, Anda betul-betul wajib melimpahkan durasi buat mempertimbangkan banyak orang, cara, data, perlengkapan, serta modul yang Anda perlukan saat sebelum Anda mulai bertugas.

Baca pula postingan terpaut: 10 Alibi Kenapa Materi Manajemen proyek Amat Berarti untuk ERP Konstruksi

2. Kerjakan proyek Cocok dengan Kapasitas Anda

Saat sebelum cara manajemen proyek diawali, administrator proyek wajib memastikan apakah hendak mengutip proyek ataupun tidak.

Administrator proyek bisa memastikan kelayakan mengutip proyek dengan menyamakan permohonan konsumen kepada pangkal energi yang ada.

Administrator proyek wajib memikirkan bayaran, materi, daya kegiatan, serta kemampuan yang dibutuhkan buat menuntaskan proyek yang diserahkan.

3. Lakukan Penataran pembibitan Karyawan

Penataran pembibitan amat berarti buat kemampuan, paling utama buat pengawas arsitektur yang menginginkan prinsip serta metode manajemen yang bagus buat membenarkan supaya proyek berjalan dengan mudah.

Penataran pembibitan pegawai bisa membagikan khasiat besar dalam perihal kemampuan dalam proyek Anda.

Selaku ilustrasi, seseorang bos bisa memakai keahlian barunya buat membimbing pekerja dalam memasang batangan baja dengan metode yang lebih berdaya guna, alhasil mereka bisa menuntaskan profesi dengan lebih kilat serta meneruskan ke tahap yang selanjutnya.

4. Tingkatkan Komunikasi dalam Manajemen proyek Konstruksi

Yakinkan kalau Anda senantiasa ada untuk regu Anda, alhasil mereka ketahui mereka bisa tiba pada Anda kala terdapat bermacam permasalahan yang susah ditangani sendiri.

Mereka pula butuh mengikuti harapan-harapan yang mau Anda peroleh minggu ataupun bulan depan.

Upayakan buat menemui pengawas proyek Anda sesering bisa jadi (bila tidak dapat dengan cara langsung hingga dengan cara virtual), serta memohon mereka buat membagikan feedback mengenai apa yang dapat mereka peroleh, hambatan apa yang mereka hadapi, serta permasalahan apa yang butuh diduga.

5. Menyesuaikan diri dengan Perubahan

Kunci kesuksesan proyek merupakan keahlian buat menyesuaikan diri serta membiasakan diri dengan pergantian secepatnya bisa jadi, ataupun Anda dapat menimbulkan konsumen kecewa, kehabisan keuntungan, serta apalagi bisa jadi menunda buat mengawali proyek di era yang hendak tiba.

Di masa teknologi semacam saat ini, industri mana juga wajib sedia menyesuaikan diri dengan teknologi buat memajukan bidang usaha mereka, paling utama industri arsitektur.

Dari seluruh pabrik di luar situ, pabrik arsitektur mengaitkan lebih banyak pembedahan serta cara dari pabrik lain. Oleh sebab itu, otomatisasi amat dibutuhkan.

Buat mempermudah pengerjaan proyek arsitektur Anda, pikirkan buat memakai sistem manajemen proyek. Sistem ini menolong Anda memantau proyek, menata agenda, merancang perhitungan, memusatkan kewajiban, mengatur durasi per proyek, serta sedang banyak lagi.

6. Alat pemantau proyek Dengan cara Teratur

Memantau pengerjaan proyek, pekerja, agenda, serta kewajiban dengan cara tertib amat berarti dalam manajemen proyek arsitektur.

Namun, ini hendak amat menyantap durasi apabila dicoba dengan cara buku petunjuk.

Memantau proyek jadi lebih gampang dengan dorongan sistem manajemen proyek. Anda dapat memperoleh akses langsung ke informasi proyek yang buatnya lebih tembus pandang buat memantau cara dengan cara berdaya guna.

7. Jalani Penilaian Sehabis Penanganan Proyek

Manajemen Proyek bersama Tomps

Penilaian amat berarti dicoba sehabis proyek dituntaskan. Tujuannya merupakan buat memastikan relevansi serta tingkatan pendapatan kesuksesan tujuan proyek, daya guna pembangunan, kemampuan, akibat, serta pula keberlanjutan proyek.

Penilaian pula bisa menjadi pelajaran para pengelola kebutuhan proyek dalam mengutip ketetapan di era depan, jadi jangan Anda membaca tips efisiensi dan efektivitias manajemen proyek.

Akhir Kata

Dalam menggunakan tips efisiensi dan efektivitias manajemen proyek tentu harus dengan dibantu oleh aplikasi yang bagus, misalnya saja Tomps ini.

Jadi kalau Anda ingin lebih mudah dalam memantu dalam sebuah proyek maka bisa gunakan manajemen proyek dari tomps.id yang terbaru.