#5 Cara Manfaatkan TikTok untuk Meningkatkan Penjualan

TikTok untuk Meningkatkan Penjualan – Sering orang bilang menginstal TikTok hanya untuk joget-joget. Perkataan ini tidak sepenuhnya benar, perkembangan teknologi membuat penggunanya semakin kreatif. Menurut lembaga SensorTower, TikTok menjadi aplikasi paling banyak diunduh ketujuh di seluruh dunia sepanjang tahun 2018.

TikTok merupakan bagian dari Bytedance Inc, perusahaan internet raksasa China yang juga jadi induk usaha Musical.ly. Di negara asalnya, Tik Tok dikenal dengan nama Douyin. Di Indonesia, Tik Tok resmi diluncurkan pada September 2017.

Tik Tok mengklaim aplikasi yang berisi video-video 15 detik yang kreatif. Cara kerjanya sederhana, pengguna tinggal merekam video selama 15 detik dan menghiasinya dengan berbagai musik, filter, atau efek-efek seperti kelinci, gambar hati atau bola. Iringan backsound ataupun musik tersebut membuat penggunanya hanya joget saja.

Jika Anda menggunakan TikTok dengan benar, Anda dapat memperkenalkan bisnis atau produk Anda kepada khalayak luas. Bahkan, menurut Influencer Marketing Hub, TikTok memiliki 500 juta pengguna di seluruh dunia, dan itu adalah aplikasi yang paling banyak diunduh 2018. Tentu ditambah lagi tahun 2020 semakin banyak penggunanya.

Bagi sebagian orang, ini mungkin sepertinya hanya aplikasi video sinkronisasi bibir untuk remaja, tapi ternyata jauh lebih dari itu. Tentu saja, TikTok bukan platform yang tepat untuk semua jenis bisnis. Anda bisa memperkenalkan produk dan bisnis Anda jika target marketnya adalah remaja hingga orang usia 24 tahun sesuai (tiktok analytics).

Lalu bagaimana tips dan trik promosi bisnis online lewat TikTok? Berikut ini 5 cara promosi bisnis online menggunakan TikTok.

Cara untuk Meningkatkan Penjualan lewat TikTok

1. Pelajari platform TikTok

Mempelajari platform adalah cara termudah beradaptasi pada aplikasi yang baru saja Anda install. Apalagi jika Anda tertarik untuk promosi bisnis online menggunakan TikTok. Biasanya kebanyakan orang masih meraba-raba kegunaan dan manfaat penggunaan TikTok.

Untuk menghindari dijauhi oleh pengguna di TikTok, Anda perlu mempelajari platform. Dengan mempelajari jenis konten apa yang berfungsi pada TikTok dan bagaimana berinteraksi dengan orang lain di platform, bisnis Anda dapat masuk ke dalam budaya secara alami.

“Referensi bisa Anda dapatkan dengan melihat halaman trending TikTok. Di sana Anda akan menemukan ribuan video konyol yang dikombinasikan dengan lagu-lagu hit.”

TikTok berisi konten yang menyenangkan dan menarik secara visual. Aplikasi ini bukan tempat untuk promosi penjualan yang serius. TikTok digunakan terutama oleh orang-orang antara usia 16 dan 24, menurut GlobalWebIndex. Jadi jika target market Anda adalah remaja dan ingin terhubung dengan mereka menggunakan cara yang kreatif, TikTok adalah cara yang tepat.

2. Buat konten menyenangkan

Semua konten di TikTok adalah tentang kesenangan dan kreativitas. Inilah saatnya untuk membuat konten mengenai produk maupun bisnis online yang menyenangkan dan kreatif. Membuat konten mengenai produk itu sendiri adalah salah satu cara termudah dan paling murah untuk mempromosikan bisnis Anda di TikTok. Ambil ponselmu dan mulailah syuting.

“Plus, salah satu manfaat terbesar TikTok adalah Anda tidak perlu membuat video yang sangat halus editingnya.”

Meskipun video aneh sangat populer di TikTok, jangan coba-coba membuat meme yang keterlaluan jika itu bukan gaya bisnis Anda. Sebagai contoh, brand kosmetik, Lush memamerkan produk mereka dengan demonstrasi video yang menyenangkan diatur ke musik. Konten tersebut tetap sederhana. Video riang gembira yang memamerkan produk Anda akan lebih otentik daripada jika Anda mencoba membuat meme viral dan gagal.

3. Meluncurkan challenge hashtag

Cara lain untuk mempromosikan bisnis Anda di TikTok adalah dengan meluncurkan challenge hashtag. Challenge hashtag adalah tantangan khusus pengguna TikTok untuk membuat atau mereka ulang konten dan menambahkan hashtag bermerek Anda di dalamnya. Merek Guess adalah salah satu perusahaan pertama yang meluncurkan challenge hashtag. Guess mendorong pengguna TikTok untuk merekam diri mereka sendiri menggunakan garis denim baru Guess dengan tagar #InMyDenim.

“Challenge hashtag yang menyenangkan tidak hanya mempromosikan bisnis Anda, tetapi juga mendorong interaksi dan engagement pengguna.”

Dan baru-baru ini, sebagaimana dinyatakan dalam artikel Mobile Marketer ini, kampanye #GuacDance yang diprakarsai brand saus Chipotle adalah challenge TikTok dengan kinerja tertinggi di Amerika Serikat. Promosi ini menghabiskan lebih dari 800.000 bumbu sajian dan menjadi perayaan hari guacamole terbesar.

4. Bekerja dengan influencer TikTok

Influencer dari aplikasi TikTok mungkin belum sebesar di media sosial seperti Instagram dan YouTube, tapi bekerja sama dengan mereka dapat memperluas jangkauan Anda di TikTok. Generasi Z biasanya menentang apapun yang terlihat seperti iklan tradisional. Jadi, bekerja dengan influencer TikTok benar-benar dapat membantu Anda membuat koneksi dengan generasi pengguna tersebut.

“Untuk mendapatkan hasil dari pemasaran influencer TikTok, pastikan audiens influencer cocok dengan audiens target Anda.”

Untuk menemukan influencer yang tepat untuk bisnis Anda, Anda dapat mencari secara online melalui pengecekan bio mereka. Para influencer itu biasanya menaruh nama brand lain, membuat konten dengan tema yang sedang trending, dan lain sebagainya.

Misalnya seperti yang dilakukan Chipotle lagi, mereka bekerja sama dengan influencer David Dobrik untuk kampanye marketing berbayar dengan challenge #ChipotleLidFlip dan mendapatkan lebih dari 100.000 postingan dan 230 juta views.

5. Manfaatkan iklan TikTok

Diawal kemunculan, TikTok tidak memiliki iklan. Namun sekarang ini, Anda semakin mudah mendapati iklan berbayar. Iklan berbayar ini telah berjalan sejak awal tahun 2019. Di TikTok, ada 4 jenis iklan yang perlu Anda ketahui:


  • Konten Asli : Jenis iklan ini mirip dengan iklan stories Snapchat atau Instagram dan mendukung banyak fitur seperti klik situs web atau unduhan aplikasi.
  • Penyebutan Brand: Ini memungkinkan brand mengambil alih TikTok untuk hari itu. Mereka dapat membuat gambar, GIF, dan video dengan link ke laman yang dituju atau challenge hashtag.
  • Challenge Hashtag: Daripada membuat tantangan hashtag menjadi viral sendiri, Anda dapat menggunakan hashtag yang dipromosikan untuk mendapatkan lebih banyak engagement.
  • Lensa Brand: Lensa berisi konten brand ini seperti lensa Snapchat 2D dan 3D untuk wajah dan foto.

Seperti halnya platform media sosial, iklan dapat membantu Anda menjangkau banyak pengguna di platform tersebut. TikTok juga menawarkan penargetan yang tepat sehingga Anda dapat memastikan iklan Anda menjangkau pengguna yang tepat yang akan tertarik dengan apa yang Anda tawarkan.

Demikianlah 5 cara promosi bisnis online menggunakan TikTok. Jadi, apakah TikTok lebih masuk akal bagi Anda sekarang? Jika bisnis Anda memiliki target audiens yang lebih muda, TikTok adalah tempat yang tepat untuk menarik perhatian mereka. Gunakan tips ini untuk memastikan Anda mendapatkan hasil maksimal dari strategi promosi dari aplikasi TikTok.

Referensi : https://omnilinkz.com/5-cara-promosi-bisnis-online-menggunakan-tiktok/ Sumber foto : alona.co.id

46 Views

Tinggalkan komentar