5 Tempat Wisata Di OKI Sumatera Selatan Yang Wajib Kamu Kunjungi

Berencana liburan ke Sumatera Selatan? Palembang tidak jadi satu- satunya destinasi yang dapat kalian kunjungi saat liburan ke Sumatera Selatan. Masih banyak berbagai daerah lain yang dapat kalian jelajahi seperti Lahat, Pagaralam, sampai Kayuagung.

Tidak perlu penasaran seperti apa pesona wisata di tempat- tempat ini sebab kali ini kita akan membahas beberapa alternatif destinasi tempat wisata di OKI yang ada di Kayuagung.

Tempat Wisata Di OKI Sumatera Selatan Terbaru

1. Danau Teloko

Tujuan wisata di Kayuagung pertama yang wajib kalian sambangi adalah Danau Teloko. Pemerintah Wilayah( Pemda) OKI mengenalkan Danau Teloko sebagai wisata bahari di Kayuagung pada tahun 2017. Setahun setelah itu, Pemda OKI barulah mengembangkan Danau Teloko sebagai wisata berbasis agrowisata.

Untuk sampai ke objek wisata di Kayuagung ini, kalian harus sedikit berpetualang. Karena, Danau Teloko mesti dicapai dengan menyusuri sungai Komering terlebih dulu.

Dari kota Kayuagung ke Danau Teloko memakan waktu tempuh selama 30 menit untuk sampai di Desa Tanjung Serang. Selanjutnya dari Desa Tanjung Serang, kalian harus menumpang perahu menyisir Sungai Komering yang tersambung langsung dengan Danau Teloko. Biaya untuk menumpang perahu sebesar Rp15. 000 hingga Rp20. 000 per orang.

Sesampainya di objek wisata Kayuagung satu ini, kalian akan disuguhi panorama alam hijau nan asri. Yang unik dari danau ini merupakan, di tengah Danau Teloko terdapat pulau terapung yang ditumbuhi pepohonan.

Mendatangi kawasan wisata Kayuagung ini, kalian juga dapat menyusuri pulau terapung ini dengan jembatan panjang yang membelah pulau sampai ke bibir danau.

Sore merupakan waktu berkunjung paling baik ke Danau Teloko. Karena, kalian tidak hanya disuguhkan panorama alam danau yang menawan, tetapi juga momen sunset yang indah di tempat wisata Kayuagung satu ini.

Untuk yang ingin mengelilingi danau, pihak pengelola Danau Teloko mempersiapkan paket wisata. Kalian dapat berkeliling danau menggunakan kapal BUMDes berkapasitas 20 penumpang dengan biaya Rp70 ribu per orang. Biaya tersebut telah termasuk paket makan siang, ya!

Asyiknya lagi, kalian dapat juga menyantap masakan khas Kayuagung di restoran apung yang terletak di Danau Teleko.

Baca Juga :   Cara Membuat Link Download dari Google Drive

2. Danau Teluk Gelam

Destinasi wisata di Kayuagung berikutnya ini sempat jadi venue berolahraga air Pekan Olahraga Nasional( PON) ke- 16 pada tahun 2004, berlokasi di Desa Seriguna, Serepek.

Untuk sampai ke Danau Teluk Gelam, kalian harus menempuh jarak 30, 5 Km dari pusat kota Kayuagung ataupun memerlukan waktu selama 48 menit berkendara untuk sampai ke objek wisata di Kayuagung ini.

Untuk kalian yang bisa olahraga dayung serta ski air, Danau Teluk Gelam bisa jadi destinasi wisata Kayuagung yang pas.

Panorama alam di Danau Teluk Gelam terbilang indah sebab objek wisata Kayuagung satu ini berdampingan dengan sawah pertanian milik warga setempat. Panoramanya yang indah inilah yang menjadikannya lokasi hunting untuk para pecinta fotografi.

Tidak hanya menikmati pemandangan alam, wisatawan yang tiba juga dapat melihat lokasi pembibitan ikan serta memancing di kolam pemancingan yang terletak di dekat kawasan wisata Kayuagung ini.

3. Taman Pantai Love

Mengunjungi Destinasi Wisata Kayuagung OKI - Di Palembang

Namanya memang pantai, tetapi jangan bayangkan Taman Pantai Love merupakan hamparan pantai berpasir putih dengan gelombang ombak. Wisata Kayuagung yang terkenal ini bukanlah pantai, melainkan anak sungai Komering yang membelah kota Kayuagung.

Nama Taman Pantai Love sendiri berasal dari kebiasaan muda- mudi Kayuagung yang menjadikan Taman Pantai Love bagaikan tempat bersantai.

Seperti pantai, para muda mudi seringkali bersantai, berenang, nongkrong ataupun semata- mata menghabiskan waktu dengan membaca novel sembari memandang perahu nelayan yang hilir mudik.

Waktu terbaik untuk berkunjung ke tujuan wisata di Kayuagung ini adalah saat pagi ataupun sore hari dimana cuaca di Taman Pantai Love tidak terlalu terik.

Jika ingin menyusuri sungai Komering, kita dapat menyewa perahu motor ataupun yang dikenal masyarakat setempat dengan istilah stempel. Untuk harga naik stempel sebanyak satu kali putaran, dipatok sebesar Rp5. 000 hingga Rp10. 000 per orang.

Taman Pantai Love berlokasi di Jalan. Pahlawan Kayu Agung, Sidakersa untuk mencapai ke tempat ini butuh waktu 13 menit dari kota Kayuagung dengan berkendara.

4. Danau Teluk Rasau

Indahnya Destinasi Wisata Teluk Rasau | Suara Indonesia News

Ingin berenang ataupun hanya berendam di kelilingi alam saat berada di Kayuagung? Kalian bisa melipir ke Danau Teluk Rasau. Destinasi tempat wisata di Kayuagung berikutnya ini dikenal sebagai danau wisata yang yang cukup indah.

Jika kalian bisa berenang, tidak ada salahnya meluangkan waktu untuk berenang serta bermain air untuk menyegarkan diri saat mampir ke tempat wisata Kayuagung ini.

Baca Juga :   Gunakan Virtual Office bisa Bisnis jadi Hemat, Terimakasih Arvahub.Com

Destinasi wisata Kayuagung satu ini mempunyai keunggulan berupa pasirnya yang putih serta lembut seperti layaknya pasir pantai. Tidak hanya itu, air danau yang jernih membuat kita dapat melihat ikan yang berenang di dasar danau.

Untuk kalian yang mau berkunjung ke objek wisata Kayuagung ini, Danau Teluk Rasau terletak di Dusun Damar Sari Desa Menang Raya Pedamaran.

Untuk mencapai tempat ini dari Palembang dibutuhkan waktu sekitar 1 jam 52 menit dengan jarak tempuh sejauh 72, 4 Km. Sedangkan waktu tempuh menuju danau dari Desa Menang Raya Pedamaran memakan waktu sekitar 15 menit memakai angkutan umum( angkot) dengan membayar Rp5. 000 untuk sampai di Danau Teluk Rasau.

Kalian yang hendak berkunjung ke Danau Teluk Rasau harus menyesuaikan waktu ya! Karena saat musim hujan danau ini akan meluap serta menjadi lebih dalam dari biasanya. Maka dari itu, pastikan berkunjung ke destinasi wisata Kayuagung satu ini saat musim kemarau, ya.

5. Rumah Limas Seratus Tiang

Tidak cuma wisata alam, Kayuagung mempunyai wisata budaya yang sarat sejarah. Salah satu destinasi wisata budaya Kayuagung yang populer adalah Rumah Limas Seratus Tiang yang berlokasi di Desa Sugihwaras yang letaknya tidak jauh dari Kecamatan Kayuagung.

Daya tarik wisata rumah Limas Seratus Tiang ini merupakan arsitektur tradisional perpaduan Melayu- China- Arab yang kental beserta ratusan tiang yang jadi pondasi rumah.

Bangunan yang didominasi dengan warna emas ini mempunyai peninggalan antik yakni beberapa meja tamu serta kaca rias bercorak kuning yang diukir. Objek wisata di Kayuagung satu ini juga sarat dengan cerita masa lalu, lho.

Bersumber pada cerita turun- temurun, rumah ini dibangun oleh seorang raja sebagai hadiah untuk putrinya yang akan menikah dengan seorang pangeran.

Nah, untuk kalian yang hendak berkunjung ke tempat wisata Kayuagung ini harus membeli tiket seharga Rp7. 000 untuk satu kali masuk.

Tidak jauh dari rumah yang berstatus sebagai cagar budaya ini, kita juga bisa mendatangi sebuah sungai besar. Di sana, kalian dapat bersantai sembari menikmati sajian kuliner khas setempat.

Bahkan, kalian dapat membeli beberapa kerajinan khas yang dijajakan oleh masyarakat sekitar.

Referensi: https:// www. traveloka. com/ id- id/ explore/ destination/ destinasi- tempat- wisata- di- kayuagung- acc/ 25458

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.