Cara Mengatasi SMS Verifikasi Akun Tidak Dapat Dikirim pada Metode Pembayaran Pulsa di Play Store

Soluis SMS Verifikasi akun tidak dapat dikirim di Pembayaran Pulsa di Play Store

Membahas mengenai cara mengatasi dan menambah metode pembayaran pulsa di Google Play Store yang tidak muncul sesuai dengan operator yang jalan gunakan saat ini,

Pada artikel kali ini kami akan membahas mengenai trik cara mengatasi kesalahan yang muncul saat proses verifikasi dan menyebabkan gagal dan sms tidak mau terkirim pada Google Play Store.

Kesalahan tersebut biasanya muncul pada saat menambah metode pembayaran pulsa, yang berbunyi “Sms verifikasi akun tidak dapat dikirim, silahkan coba lagi“.

Dan masalah tersebut tidak kunjung selesai, meski saya sendiri mencobanya berulang kali. Untuk penampakannya, kalian bisa lihat pada gambar dibawah ini.

sms verifikasi akun tidak dapat dikirim

Alasan kami buat artikel ini, karena pada artikel sebelumnya ada beberapa komentar dari pengunjung yang menanyakannya di kolam komentar.

Dan mengalami masalah yang sama, sehingga saya pun berpikiran untuk membuatkan artikelnya yang mudah-mudahan dapat mengatasi permasalahan yang sedang teman-teman alami saat ini.

Baik langsung saja teman-teman dapat simak langkah-langkahnya sebagai berikut.

Cara Mengatasi SMS Verifikasi Akun Tidak Dapat Dikirim pada Google Play Store

1. Meletakkan Kartu yang Digunakan Pada Slot Sim 1

Langkah pertama untuk mengatasinya silahkan kalian ubah pada kartu sim yang ingin digunakan sebagai metode pembayaran pulsa di Play Store pada slot sim 1.

Baca Juga :   Aplikasi Saham Terbaik

Nah seperti contohnya saya menggunakan provider Axis, sehingga saya meletakkannya pada slot pertama.

2. Mengatur Setelan SMS dan Telepon pada Sim 1

Oke langkah selanjutnya pada pengaturan pengelola kartu sim, yaitu lebih tepatnya pada bagian sms dan telepon kita atur pada SIM 1.

Caranya kita buka menu Setting alias pengaturan pada hp >> kita buka pengaturan Koneksi >> lalu kita gulir ke bawah dan cari pengaturan Pengelola kartu sim >> selanjutnya pada kolom kartu pilihan pada bagian panggilan kita atur pada SIM 1, begitu juga pada pesan text alias sms kita atur juga pada SIM 1.

Opsional

Namun apabila kalian tidak mau repot, kita bisa menggunakan satu Kartu Sim saja terlebih dahulu. Untuk lebih mudahnya kita bisa menonaktifkan salah satu kartu sim yang tidak digunakan sebagai metode pembayaran pulsa.

Pada menu pengaturan pengelola kartu sim. Sehingga kita bisa menggunakan 1 kartu, tanpa perlu mencopotnya terlebih dahulu.

3. Pastikan Nomor Pusat Pesan Sudah Teris

Cara Mengatasi SMS Verifikasi Tidak Dapat Dikirim pada Metode Pembayaran Pulsa di Play Store

Ketiga pastikan pada Hp yang kalian gunakan, nomor pusat pesan sudah terisi dengan benar dan sesuai dengan operator yang kalian gunakan saat ini. Kalian bisa mengecek dan mengaturnya apabila belum sesuai.

Caranya buka aplikasi Pesan >> Buka menu Pengaturan Pesan Teks >> untuk mengaturnya terdapat pada menu Pusat Pesan. Untuk mengetahui apabila belum sesuai, kalian bisa baca artikel berikut daftar pusat pesan teks untuk semua operator.

4. Tambahkan Nomor Hp yang Digunakan pada Akun Google

  • Buka aplikasi Google di Hp Android kalian, kemudian apabila sudah berada pada halaman depan aplikasi, tap pada ikon profil yang terletak pada pojok kanan atas
    Cara Mengatasi SMS Verifikasi Tidak Dapat Dikirim pada Metode Pembayaran Pulsa di Play Store
  • Pilih akun Google yang akan digunakan pada Google Play Store, lalu pilih opsi Kelola Akun Google Anda.
  • Sehingga nantinya kita akan diarahkan pada pengaturan akun Google, disini kita pindah pada kolom Info Pribadi. Untuk menambahkan nomor telepon, kita gulir kebawah dan pilih opsi Telepon
    Cara Mengatasi SMS Verifikasi Tidak Dapat Dikirim pada Metode Pembayaran Pulsa di Play Store
  • Seperti diatas ini tampilannya, sebenarnya disini saya sudah menambahkan nomor Hp. Namun nomor tersebut bukan nomor yang akan saya tambahkan pada metode pembayaran pulsa. Disini saya akan menghapus nomor tersebut terlebih dahulu. Caranya kita pilih nomor yang akan dihapus, kemudian tap pada ikon tong sampah. Masukkan kata sandi untuk memverifikasi, lalu kita tekan ikon tong sampah kembali untuk melakukan penghapusan. Kemudian pilih opsi Hapus Nomor untuk mengkonfirmasi.
  • Setelah itu untuk menambahkan nomor pada akun Google, kita pilih Tambahkan Nomor. Selanjutnya masukan nomor Hp pada kolom yang sudah disediakan, lalu pilih Selanjutnya.
  • Tap pada opsi Dapatkan Kode agar Google segera mengirimkan kode verifikasi. Apabila sms dari Google sudah masuk, segera masukkan kode pada kolom yang tersedia. Jika sudah pilih opsi Verifikasi.
  • Sehingga nomor Hp sudah berhasil ditambahkan pada akun Google.
Baca Juga :   Cara Download Aplikasi di Laptop & Komputer

5. Hapus Cache dan Data Aplikasi Google Play Store

Langkah selanjutnya silahkan hapus cache dan data aplikasi Play Store melalui pengaturan Hp. Langkah-langkahnya :

  • Buka pengaturan, kemudian dilanjutkan buka Manajer Aplikasi.
  • Sebelumnya kita tampilkan terlebih dahulu aplikasi sistem. Lalu kita cari dan buka Google Play Store
    Cara Mengatasi SMS Verifikasi Tidak Dapat Dikirim pada Metode Pembayaran Pulsa di Play Store
  • Kemudian pilih Hapus Data.

6. Pastikan Izin SMS + Telepon Aktif 

Langkah yang keenam adalah memastikan Settings/Pengaturan >> buka menu Manajer Aplikasi >> Pilih aplikasi Google Play Store, apabila sulit ketemu, sebelumnya aktifkan opsi tampilkan aplikasi sistem terlebih dahulu. >> Kemudian buka menu perizinan aplikasi >> pastikan izin SMS dan Telepon sudah diaktifkan.

Baca Juga :   Aplikasi Cek Pajak Kendaraan

Jika belum hidup, silahkan kalian hidupkan. Apabila sudah tercentang, kalian biarkan saja dan bisa melanjutkan langkah berikutnya.
Cara Mengatasi SMS Verifikasi Tidak Dapat Dikirim pada Metode Pembayaran Pulsa di Play Store
bahwa perizinan aplikasi pada pengaturan Google Play Store. Langkah ini dilakukan supaya Play Store dapat mengirimkan pesan teks serta melakukan telepon apabila dibutuhkan. Untuk mengeceknya, buka pada

Langkah Selanjutnya…

Nah jika beberapa trik diatas sudah kalian terapkan semuanya, langkah selanjutnya kita bisa mengecek kembali pada Play Store untuk menambahkan metode pembayaran pulsa sesuai dengan operator yang kalian gunakan saat ini.

Dan apakah masih muncul kesalahan atau tidak pada saat mencoba verifikasi nomor telepon. Langkah-langkahnya:

  1. Buka Google Play Store
  2. Selanjutnya apabila sudah berada pada halaman depan Play Store, tap pada ikon garis 3 pada pojok kiri atas
    Cara Mengatasi SMS Verifikasi Tidak Dapat Dikirim pada Metode Pembayaran Pulsa di Play Store
  3. Lalu gulir kebawah, dan pilih menu Metode Pembayaran.
  4. Maka akan ditampilkan metode pembayaran yang bisa kita pilih, disini metode pembayaran dengan pulsa Axis ternyata sudah muncul, sebelumnya tidak ada. Nah kemudian pilih operator yang akan digunakan, lalu verifikasikan sms seperti biasa dengan nomor telepon. Pada langkah ini kita perlu menunggu sms verifikasi, dan kemudian masukkan kode yang dikirimkan Google.

Dan ternyata tidak ada peringatan lagi ya, karena sebelumnya muncul kesalahan error, dengan bacaan “Sms verifikasi akun tidak dapat dikirim, silahkan coba lagi”. Apabila masih kurang paham, teman-teman dapat simak video yang sudah kami buatkan sebagai berikut.

Nah seperti itu ya cara mengatasi peringatan yang muncul saat penambahan metode pembayaran pulsa sms verifikasi tidak dapat dikirim.

Baik mungkin hanya cukup sampai disini pembahasan kali ini dari kami, apabila ada hal yang belum jelas, ataupun ada hal yang ingin ditanyakan, silahkan teman-teman bisa sampaikan melalui kolom komentar dibawah ini.