Home / Manajemen Bandwidth yang Benar dan Internet Jaringan Lancar

Manajemen Bandwidth yang Benar dan Internet Jaringan Lancar

Manajemen Bandwidth yang Benar dan Internet Jaringan Lancar

Ada yang pernah kepikiran untuk mengukur kecepatan dengan pembagian yang tepat dan bisa lancar ?

Dalam prakteknya untuk melakukan pengaturan atau bisa disebut juga ,anajemen bandwidth, ini bisa di lakukan oleh semua orang (yang mau belajar).

Tapi kita harus faham dulu mana yang harus dipelajari dahulu, terutama dalam pengertian apa manajemen bandwidth

Pengertian Manajemen Bandwidth

Management Bandwith merupakan sesuatu perlengkapan yang bisa dipakai buat management serta memaksimalkan bermacam tipe jaringan dengan mempraktikkan layanan Quality Of Service(QoS) buat memutuskan tipe-tipe lalulintas jaringan.

Sebaliknya QoS merupakan keahlian buat melukiskan sesuatu kadar pendapatan didalam sesuatu sistem komunikasi informasi.

Manajemen Bandwidth merupakan pembagian yang pas dari sesuatu bandwidth buat mensupport keinginan ataupun kebutuhan aplikasi ataupun sesuatu layanan jaringan.

Baca Juga :   12 Era Zaman Yang Paling Ditakuti Nabi Muhammad SAW Kini telah Terjadi

Pembagian bandwidth yang pas bisa jadi salah satu tata cara dalam membagikan agunan mutu sesuatu layanan jaringan QoS= Quality Of Services).

Manajemen Bandwidth merupakan cara mengukur serta mengendalikan komunikasi(kemudian rute, paket) pada link jaringan, buat menjauhi memuat link buat kapasitas ataupun overfilling link, yang hendak menyebabkan kemacetan jaringan serta kemampuan yang kurang baik.

Arti dari manajemen bandwidth ini merupakan gimana kita mempraktikkan pembagian ataupun pengaturan bandwidth dengan memakai suatu Komputer Router Mikrotik.

Manajemen bandwith membagikan keahlian buat menata Bandwidth jaringan serta membagikan tingkat layanan cocok dengan keinginan serta prioritas cocok dengan permohonan klien.

Sederhana Queues

Queues merupakan menu pada winbox dimana kita bisa memanagement bandwith pada sesuatu pc klien yang cocok dengan kemauan admin. Dimana computer klien di batasi akses upload serta unduh ke jaringan internet.

Baca Juga :   Persyaratan dan Dokumen yang Harus Disiapkan Agar Lolos Pendaftaran Seleksi CPNS 2021

Manajemen Bandwith pada RouterOS Mikrotik

Pada suatu jaringan yang memiliki banyak klien, dibutuhkan suatu metode pengaturan bandwidth dengan tujuan menghindari terbentuknya dominasi pemakaian bandwidth alhasil seluruh klien dapat memperoleh bagian bandwidth tiap-tiap.

QOS(Quality of services) ataupun lebih diketahui dengan Bandwidth Manajemen, ialah tata cara yang dipakai buat penuhi keinginan itu. Pada RouterOS Mikrotik aplikasi QoS dapat dicoba dengan guna Queue.

Kondisi Bandwidth Sederhana

Metode sangat gampang buat melaksanakan queue pada RouterOS merupakan dengan memakai Sederhana Queue.

Kita dapat melaksanakan pengaturan bandwidth dengan cara simpel bersumber pada IP Address klien dengan memastikan kecekatan upload serta unduh maksimal yang dapat digapai oleh klien.

Baca Juga :   Jasa Backlink PBN Berkualitas Terbaik

Ilustrasi

Kita hendak melaksanakan kondisi maksimum upload: 128kbps serta maksimum unduh: 512kbps kepada klien dengan IP 192. 168. 10. 2 yang tersambung ke Router. Patokan Sasaran Address merupakan IP Address dari klien yang hendak dilimit. Dapat berbentuk:

Single IP(192. 168. 10. 2)

Jaringan IP(192. 168. 10. 0 atau 24)

Sebagian IP(192. 168. 10. 2, 192. 168. 10. 13) dengan memencet tombol panah dasar kecil di sisi kanan kotak isian.

Limitasi Bandwidth Sederhana

cara atur Bandwidth Sederhana

Determinasi kecekatan maksimal klien dicoba pada patokan sasaran upload serta sasaran unduh max-limit. Dapat diseleksi dengan drop down menu ataupun ditulis buku petunjuk. Dasar bps(bit per second).

Dengan pengaturan tersebut maka Client dengan IP 192.168.10.2 akan mendapatkan kecepatan maksimum Upload 128kbps dan Download 256kbps dalam keadaan apapun selama bandwidth memang tersedia.