Lazy Load Adsense

Lazy load Adsense – Salah satu teknik untuk mempercepat loading website yaitu dengan menerapkan Lazy load, Apa itu Lazy load? Lay load atau malas menunggu dalam bahasa Indonesia arti dari lazy load biasanya yang di modif adalah gambar sebab sebuah merupakan konten yang sangat penting dalam website.

Sehingga saat gambar semakin baik kualitas maka semakin besar size (ukuranya). Hal tersebut dapat membuat page size semakin besar & loading menjadi lebih lama sehingga page load menjadi sang tlama. Untuk mengatasi hal tersebut yaitu dengan memanfaatkan Lazy Load.

Namun di atas adalah contoh penjelasan singkat apa maksud & fungsi dari lazy load untuk sebuah website. Tapi lazy load juga bisa digunakan untuk iklan adsense sehingga kita menyebutnya adalah lazy load adsense.

Lazy load menjadi bagian terpenting dalam optimasi suatu website untuk loading lebih cepat, sehingga mau tidak mau jika ingin website memiliki load yang lebih cepat maka harus menerapkan teknik lazy load, tapi bagaimana cara menerapkannya untuk website ?

Nah artikel ini akan membahas tentang apa itu lazy load dan teknik atau cara menerapkan lazy load pada website untuk mendapatkan performa yang lebih baik.

Kita akan bahas sedikit lagi akan pengertian atau lazy load adalah,

Pengertian Lazy Load

Lazy load adalah sebuah code script atau plugin yang didesain dan dikembangkan develop untuk web dengan fungsi utamanya untuk menunda perenderan (pemanggilan) sebuah objek secara otomatis.

Pada prinsip utamanya pada penggunaan lazy load adalah dapat mempercepat akses halaman yang dimuat tetapi efeknya semua tampilan gambar yang ada akan ditunda untuk sementara waktu.

Selain itu berdasarkan pengalaman dari beberapa teman Blogger yang menggunakan fitur lazy load berpendapat bahwa lazy load merupakan salah satu strategi yang cukup bagus untuk menaikkan kecepatan blog, khususnya bagi pemilik yang blognya telah menampilkan Adsense.

Tak heran jika saat ini anda sering menemui situs dengan banyak iklan tetapi pemuatan halaman situsnya tetap ringan yang menggunakan lazy load untuk mempercepat pemuatan halamannya.

Meskipun sebenarnya kecepatan blog dipengaruhi oleh banyak faktor seperti template, widget, script yang digunakan pada blog. Namun tetap saja iklan Adsense berpeluang untuk membuat loading blog menjadi lambat.

Sementara itu untuk mendapatkan kecepatan blog yang lebih optimal dan maksimal. Maka anda dapat mengkombinasikan script lazy load dengan dns prefetch.

Cara Pasang Lazy Load Adsense di Blogger

Tutorial pemasangan lazy load adsense yang akan sidikul.com berikan & ditujukan untuk platform Blogger. Jika anda menggunakan web pribadi seperti Wordprees maka anda bisa mencari referensi lainnya :).

Ikuti langkah berikut ini untuk memasang lazy load Adsense pada situs Blogger anda.

Pertama silakan anda login terlebih dahulu pada akun Blogger masing-masing.

Kemudian masuk ke Theme > Edit HTML


Silakan masukkan kode script lazy load berikut tepat berada di atas </body> atau &lt;!--</body>--&gt;&lt;/body&gt;

<script>
//<![CDATA[
// Lazy Load AdSense by dewa plokis
var lazyadsense=!1;window.addEventListener("scroll",function(){(0!=document.documentElement.scrollTop&&!1===lazyadsense||0!=document.body.scrollTop&&!1===lazyadsense)&&(!function(){var e=document.createElement("script");e.type="text/javascript",e.async=!0,e.src="https://sidikul.com/wp-content/litespeed/localres/cdn.jsdelivr.net/gh/dewaplokis/block@master/dewablock.js";var a=document.getElementsByTagName("script")[0];a.parentNode.insertBefore(e,a)}(),lazyadsense=!0)},!0);
//]]>
</script>

Setelah itu edit iklan kode adsense di menu Tata Letak (Layout). Silahkan hapus kode adsense seperti yang sidikul berikan ini.

<script async src="https://sidikul.com/wp-content/litespeed/localres/pagead2.googlesyndication.com/pagead/js/adsbygoogle.js"></script> 

Jadi hasil akhir kode scriptnya tinggal seperti ini.

<ins class="adsbygoogle"
     style="display:block"
     data-ad-client="ca-pub-12345678890123"
     data-ad-slot="1234567890"
     data-ad-format="auto"
     data-full-width-responsive="true"></ins>
<script>
     (adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});
</script>

Kalau sudah dihapus, tinggal simpan saja kode script adsense, terakhir tinggal Simpan Theme untuk menyimpan perubahan.

Nah dijamin pasti akan ada perubahan dari sisi load iklan di blog. Ini adalah cara yang terbaik untuk anda pengguna blogger.

Kalau anda pengguna wordpress bisa gunakan cara dibawah ini, karena script ini pun hanya bisa cocok hanya untuk di wordpress.

Cara Pasang Lazy Load Adsense di WordPress

Untuk anda yang ingin memasang lazy load adsense di wordpress tentu saja anda harus punya blog yang udah ACC adsense ya. Kalau sudah bisa ikuti cara ini :

Login situs website anda , lalu masuk ke menu Tampilan (appearance) > Penyunting tema (theme editor) >theme yang aktif> footer.php

penyunting tema

Silahkan paste kode script ini tepat di atas lalu save.

<script type='text/javascript'>
//<![CDATA[
// Lazy Load AdSense
var lazyadsense=!1;window.addEventListener("scroll",function(){(0!=document.documentElement.scrollTop&&!1===lazyadsense||0!=document.body.scrollTop&&!1===lazyadsense)&&(!function(){var e=document.createElement("script");e.type="text/javascript",e.async=!0,e.src="https://sidikul.com/wp-content/litespeed/localres/pagead2.googlesyndication.com/pagead/js/adsbygoogle.js";var a=document.getElementsByTagName("script")[0];a.parentNode.insertBefore(e,a)}(),lazyadsense=!0)},!0);
//]]>
</script>

Lalu selanjutnya anda tinggal edit semua iklan adsense yang aktif agar bisa di lazy load, hapus semua script bawaan adsense ini pada setiap widget unit iklan yang anda pasang.

 <script async src="https://sidikul.com/wp-content/litespeed/localres/pagead2.googlesyndication.com/pagead/js/adsbygoogle.js"></script> 

Maka saat adsense di edit harusnya iklan sudah tidak tampil, lalu saat anda scroll kebawah maka iklan adsense akan mulai bermunculan.

Penutup

Gimana ? Cukup mudah ta cara menggunakan atau cara pasang script lazy load Adsense di Blogger & WordPress. Lazy load maka secara otomatis akan sangat menambah kecepatan blog website kita karena melakukan penundaan tayangan adsense.

INFO : Google sendiri juga telah memberikan rekomendasi agar untuk memanfaatkan maksimal fitur lazy load untuk digunakan sebagai bagian dari optimasi blog.

Demikian tentang script lazyload untuk Adsense untuk Blogger & wordpress, semoga dapat dipahami dan diterapkan pada situs Anda masing-masing.

Tinggalkan komentar