Kode Negara Indonesia

Kode Negara Indonesia itu bukan sekedar pengenal negar melainkan itu adalah sebuah kode yang memang sudah menjadi hak dan menjadi sebuah hal yang wajib untuk setiap negara. Selain sebagai pembeda kode negar juga memiliki fungsi lain. Kita akan mengenal dulu pengertian dari Kode Negara itu ap.

Pengrtian Kode Negara

Kode negara adalah kode (code) atau kode telepon yang digunakan untuk menelpon dari luar negeri menuju negara tersebut. Kadang kala beberapa negara yang berbeda menggunakan kode yang sama. Misalkan Amerika Serikat dengan Kanada dan Jamaika, atau Rusia dengan Kazakhstan. Pada kasus ini di sebabkan kedua negara atau lebih ini pernah bersatu.

Baca menurut wikipedia, Kode Telepon

Sedangkan +62 inilah kode-kode yang mewakili negara Indonesia yang berlaku secara internasional & sah secara aturan antar negara. Setiap kode-kodenya diwakili dengan angka maupun aksara & semuanya digunakan untuk kebutuhan-kebutuhan tertentu.

Ada beberapa kode negara untuk Indonesia, beberapa di antaranya adalah.

Kode Negara Indonesia menurut Standard ISO

Kode Negara Indonesia menurut ISO 3166-1 numeric adalah 360. ISO 3166-1 numeric adalah kode dalam berjumlah tiga angka yang merepresentasikan wilayah, pemerintahan, dan letak geografis sebuah negara. Biasanya dipakai dalam statistik-statistik milik PBB.

  1. Kode Negara Indonesia menurut ISO 3166-1 alpha-3 IDN.
  2. Kode Negara Indonesia menurut ISO 3166-1 alpha-2 ID.
  3. Kode Negara Indonesia menurut ICAO airport code prefix adalah WA, WI. Sedangkan untuk registrasi pesawat Indonesia menurut ICAO aircraft regis. prefix(es) adalah PK-.
  4. Kode Negara Indonesia menurut standard nomor telepon dunia E.164 adalah +62
  5. Kode Negara Indonesia menurut IOC country code adalah INA.
  6. Kode Negara Indonesia menurut Country code top-level domain adalah .id

Baca tentang, Keunggulan domain my.id

Kesimpulan

Bisa di simpulkan bahwa kode negara Indonesia itu memang beragam, namun dengan tujuan & maksud tertentu agar setiap operasi maun aktifitas dapat di pantau dengan & benar.

Tinggalkan komentar