contoh Iklan Layanan Masyarakat

Iklan Layanan Masyarakat

Contoh iklan layanan masyarakat yang banyak tersebar saat ini ini sesungguhnya apa sih? Apakah cuma iklan saja ataupun terdapat pesan berarti di dalamnya?

Buat yang mencari ketahui tentang contoh iklan layanan masyarakat ataupun ingin men- download- nya, ikuti postingan ini hingga berakhir ya. Terdapat kumpulan contoh gambar yang dapat kalian peruntukan rujukan.

Perkembangan Iklan Layanan Masyarakat Di Indonesia

Sebuah organisasi yang pertama kali menjadi pelopor perkembangan iklan di Indonesia adalah Biro Iklan Intervesta.

Biro Iklan Intervesta meluncurkan iklan layanan masyarakat pertama kali di tahun 1968. Kemudian, di tahun 1974, Matari Ad merilis iklan kedua di Indonesia.

Matari Ad membuat iklan tentang masalah yang berhubungan dengan keluarga, antara anak dan orang tua. Iklan tersebut dicetak dalam bentuk banner billboard, poster, spanduk, dll.

Buat yang cari contoh yang gampang digambar pula terdapat. Siapa ketahui kan buat mengerjakan tugas Bahasa Indonesia di sekolah.

Ragam Iklan Layanan Masyarakat

Supaya lebih memahami tentang iklan layanan masyarakat , kita amati contohnya terlebih dulu saja ya.

Baca Juga :   Cara Dapatkan Bansos BST 300 Ribu Tanpa KIS, Begini Caranya!

Jika terdapat persoalan, nanti terdapat lanjutan pembahasannya lebih dalam di dasar kok.

Gampang Digambar

Jika kalian mencari gambar iklan layanan masyarakat yang gampang digambar amati di atas. Poster tentang bahaya merokok tersebut sangat gampang buat terbuat.

Kalian dapat menggambar langsung memakai pensil warna ataupun spidol di rumah. Jika mau lebih apik, dapat gunakan dorongan penggaris supaya hasil garis lebih lurus.

gambar iklan layanan masyarakat yang mudah digambar

Iklan Kesehatan

Jika tentang kesehatan, terdapat banyak yang dapat kalian buat. Mulai dari tentang narkoba, bahaya rokok, mencuci tangan, hingga covid- 19. Amati sebagian contoh berikut ini.

Stop Covid-19

Poster iklan layanan masyarakat tentang covid- 19 di atas dapat diganti tulisan deskripsinya. Di dasar stop covid- 19, kalian dapat meningkatkan kalimat buat menerangkan, misal metode ataupun anjuran.

stop covid-19

Bahaya Narkoba

Jika gambar iklan layanan masyarakat di atas merupakan tentang bahaya narkoba. Tulisan yang terdapat pada poster tersebut merupakan Narkoba buat nge-drop.

bahaya narkoba

Ditambah dengan ilustrasi jika kita gunakan narkoba buat jadi sakit pasti lebih menarik. Semacam foto tersebut, huruf O jatuh seakan menggambarkan seseorang pengguna narkoba yang hidupnya dapat jatuh bila memakainya.

Stop Merokok

gambariklan layanan masyarakat tentang stop merokok ini bisa jadi yang sangat mudah kita temui. Mayoritas terdapat iklan semacam ini umumnya di rumah sakit, sekolah, serta area yang banyak kanak-kanak.

Baca Juga :   Tebak-Tebakan Gombal Romantis Kekinian, Lucu & Bikin Baper

ikaln layanan masyarakat tentang rokok

Jika kalian ingin buat poster iklan layanan masyarakat tentang rokok, dapat pula gunakan Bahasa Jawa. Ubah saja kata- katanya memakai Bahasa Jawa. Contohnya semacam,

“ Nek isi tresno karo awakmu, lereno le mu ngrokok!”

“ Ora mung awakmu le loro, keluargamu yo iso keno!”

Santapan Sehat

Contoh iklan layanan masyarakat tentang santapan sehat di atas bisa jadi dapat jadi inspirasi. Santapan yang masuk ke badan kita haruslah sehat serta memiliki gizi yang balance.

Bisa jadi kalian dapat meningkatkan data lebih perinci tentang komposisi produk santapan yang bagus itu semacam apa. Misal terbuat diagram perbandingan antara karbohidrat, protein, serat, vit, mineral, dll.

iklan layanan masyarakat tentang gizi seimbang

Iklan Tema Lingkungan

Contoh iklan layanan masyarakat tentang area itu dapat mangulas banyak perihal. Misalnya saja pemanasan global, sampah, hutan, serta yang lain. Semacam contoh berikut ini.

Bahasa Sunda

Contoh foto iklan layanan masyarakat Bahasa Sunda di atas pasti diperuntukan buat masyarakat Jawa Barat. Karena, jika kalian membuat iklan semacam itu di Jawa Timur, pasti tidak terdapat yang ketahui apa maksudnya.

iklan layanan masyarakat bahasa sunda

Persatuan Indonesia

Jika terdapat tugas gambarkan iklan layanan masyarakat tentang persatuan Indoensia, kalian dapat amati contoh di atas. Bersatu masyarakat dengan bermacam-macam suku, budaya, ras, bahasa, serta agama.

persatuan indonesia

Hemat Energi

Tema hemat tenaga ini pula akhir- akhir ini jadi atensi. Karena, banyak orang lali serta cenderung abai kala berhubungan dengan listrik.

Baca Juga :   Cara Membasmi Rayap di langit-langit Rumah

Kalian dapat unduh gambar iklan layanan warga itu selaku pengingat buat diri sendiri serta pula orang lain ya.

hemat energi listrik

Tujuan Iklan Layanan Masyarakat

Tujuan dibuatnya iklan layanan masyarakat adalah untuk meningkatkan kepedulian masyarakat terhadap masalah yang ada di sekitarnya. Selain itu, iklan juga bertujuan menghimbau atau melarang masyarakat melakukan suatu hal.

Fungsi Iklan Layanan Masyarakat

Ada beberapa fungsi kita membuat gambar iklan layanan masyarakat.

  • Pengingat
  • Penyalur informasi
  • Pembujuk
  • Penambah nilai

Kita bahas satu per satu biar makin jelas.

Pengingat

Pengingat atau persuading merupakan fungsi dari iklan yang ditujukan kepada masyarakat untuk mengingatkan suatu hal. Bisa larangan ataupun himbauan, seperti “Matikan lampu di siang hari!”, “Matikan kran air setelah digunakan!”, dll.

Penyalur Infromasi

Penyalur informasi atau informing tentu harus bebas dari berita bohong atau hoax. Jadi isinya adalah informasi berupa program atau aktivitas sosial.

Pembujuk

Iklan juga fungsinya untuk membujuk masyarakat agar lebih aktif terhadap program dari pemerintah. Program dari pemerintah yang masuk ke iklan layanan masyarakat seperti KB, BPJS, pajak, KTP elektronik, dll.

Penambah Nilai

Adding value ini merujuk kepada penambahan nilai pada suatu program. Jadi, program dapat berjalan sesuai dengan gagasan dan persepsi masyarakat.