surat pengunduran diri

Contoh Surat Pengunduran Diri

Contoh Surat Pengunduran Diri – Masuk dalam dunia kerja jelas sekali bahwa kita harus bisa bersaing dan juga melaksanakan apa yang telah menjadi bidang kita dalam sebuah pekerjaan.

Namun di sisi lain bekerja juga akan ada rasa bosan dan rasa ingin untuk segera mengakhiri (resign) dengan tujuan untuk bisa mengembangkan apa yang menjadi minat dan juga bakat.

Sebenarnya bekerja merupakan kegiatan setiap orang dimana saja dan kapan saja namun yang paling umum adlah setelah menempuh pendidikan.

Dalam saat dunia kerja, akan ada saat dimana kita harus mengundurkan diri dari suatu pekerjaan. Hal tersebut dapat dikarenakan oleh banyak alasan yang mendesak ataupun pilihan adanya pekerjaan yang lebih baik.

Ketika mengundurkan diri dari sebuah pekerjaan, hendaknya juga menghormati atasan yang telah memberi kita pekerjaan, salah satu caranya yaitu dengan menggunakan surat pengunduran diri.

Lalu bagaimana tata cara membuat surat pengunduran diri?

Mari kita bahas lebih dalam tentang surat pengunduran diri yang memang benar dan sidikul akan berikan beserta contohnya.

Arti Surat Pengunduran Diri

Surat pengunduran diri termasuk ke dalam surat yang bersifat formal (resmi).

Oleh sebab itu, dalam membuat surat pengunduran diri haruslah menggunakan bahasa yang formal (resmi dan juga baik).

Surat pengunduran diri adalah sebuah surat (wacana) yang dibuat oleh seorang pekerja yang ditujukan (diberikan) kepada atasannya dengan menyatakan keinginan untuk pengunduran diri dari seubauh bidang pekerjaan.

Ada beberapa syarat-syarat yang harus ada dalam surat pengunduran diri :

  • Awalan “Kepada Yth.
  • Identitas penulis (nama lengkap, jabatan, lama bekerja).
  • Alasan logis mengundurkan diri.
  • Akhiran “Terima Kasih

***Meskipun surat pengunduran diri termasuk ke dalam surat yang formal, surat pengunduran diri akan lebih sopan jika ditulis tangan daripada diketik.

Contoh Surat Pengunduran diri

Berikut ini sidikul berikan contoh surat pengunduran diri yang baik dan benar secara lengkap.

Contoh surat pengunduran diri yang baik dan benar

Dalam membuatnya harus dengan tulisan dan kosa kata yang memang baik dan juga layak. Agar memberikan kesan sopan terhadap atasan.

Jangan lupa juga untuk menyampaikan maksud dan alasan kenapa harus mengundurkan diri.

Berikut ini contohnya,

Jakarta, 1 April 2018

Kepada
Yth. Pimpinan
PT. Maju Sekali Donk
Jakarta

Yang bertanda tangan di bawah ini:

Nama: Catur Nugroho
Alamat: Jln. Pembangunan No. 1 Kec. Helvetia Kota Jakarta
Jabatan: Customer Service

Dengan adanya surat ini, saya bertujuan untuk mengajukan permohonan pengunduran diri dari jabatan di perusahaan Bapak/Ibu terhitung pada tanggal 17 Juni 2018.

Sebelumnya saya mengucapkan banyak terimakasih sebesar-besarnya karena sudah diberikan kesempatan untuk belajar dan bekerja dengan profesional pada perusahaan Bapak/Ibu. Saya juga mengucapkan terima kasih atas bimbingan yang selama ini telah diberikan baik secara tidak langsung ataupun secara langsung.

Saya memohon maaf sebesar-besarnya karena tidak lagi menjadi bagian dalam perusahaan Bapak/Ibu. Semoga perusahaan yang Bapak/Ibu pimpin dapat semakin berkembang lagi.

Demikian surat pengunduran diri ini saya buat dengan penuh kesadaran serta atas keinginan sendiri dan tanpa ada paksaan dari siapa pun.

Hormat saya,

Catur Nugroho

Contoh surat pengunduran diri karyawan

Jakara, 1 Maret 2018

Kepada

Yth. Human Resource

PT Mandiri Kencana

Jl. Daanmogot 1 Medan

Dengan hormat,

Bersamaan dengan surat ini, saya sebagai Manajer Proyek di PT Mandiri Kencana, berdasarkan keputusan direksi, saya yang bertanda tangan dibawah ini:

Nama : Afran Sai

Departemen : Pengembangan dan Riset

Jabatan : Manajer Proyek

ID Karyawan : EMP-101

Berniat untuk menyampaikan pengunduran diri saya dari jabatan Manajer Proyek terhitung sejak tanggal 10 Juni 2018.

Baca Juga :   Gambar Sketsa Kartun

Sebelumnya saya ucapkan terima kasih sebesar-besarnya atas dukungan dan kesempatan yang telah diberikan selama ini. Semua hal ini akan membantu saya untuk menjadi seorang yang lebih profesional lagi. Saya juga menyampaikan permohonan maaf sebesar-besarnya kepada seluruh jajaran direksi PT Mandiri Kencana beserta dengan rekan-rekan di departemen Pemgembangan dan Riset jika selama ini terdapat banya kesalahan baik yang tidak disengaja maupun yang disengaja.

Demi kelancaran tugas jabatan proyek manajer, saya bersedia untuk membantu hingga masa transisi berjalan. Semoga kedepannya PT Mandiri Kencana dapat terus berkembang lebih baik lagi.

Hormat saya,

Afran sai

Contoh surat pengunduran diri Sederhana

Kulon Progo, 29 Februari 2016

Yth, Kepala HRD PT. Bintang KecilDengan Hormat,
Melalui surat ini saya selaku karyawan PT. Bintang Kecil, berdasarkan undang-udang tenaga kerja dan surat keputusan bersama (SKB), maka saya yang bertanda tangan di bawah ini

Nama : Slamet Selamat
Departemen : Traffic, Leads & Closing
Jabatan : Ads Manager
No Karyawan : 212

Bermaksud mengajukan permohonan pengunduran diri dari PT. Bintang Kecil karena saya akan segera menikah. Surat ini saya buat sesuai dengan prosedur hubungan industrial dan tanpa ada motivasi negatif. Saya sangat berharap perusahaan dapat memahami kondisi yang saya alami dan memberikan hak-hak sesuai dengan ketentuan yang berlaku.

Demikian surat pengunduran diri ini saya buat dengan sebenarnya. Atas perhatian dan bantuan yang telah diberikan selama ini saya ucapkan terimakasih.

Hormat Saya,

( tanda tangan)

Slamet Selamat

contoh surat pengunduran diri dari sekolah

SURAT PENGUNDURAN DIRI

Hal : Permohonan Resign

Kepada Yth,
Ibu Intan Permatasari
Kepala Sekolah TK Cinta Kasih
Jl. Cindelaras No. 123
Medan

Dengan hormat,
Bersama dengan surat ini, saya yang bertanda tangan di bawah ini :

Nama : Dewi Cahaya
Jabatan : Guru Pendamping A3
Unit Kerja : TK Cinta Kasih
Alamat : Jl. Pendidikan No. 123, Medan

Dengan ini secara resmi mengajukan permohonan pengunduran diri dari TK Cinta Kasih sebagai Guru Pendamping. Adapun alasan pengunduran diri ini dikarenakan saya mendapat tawaran pekerjaan di tempat lain.

Dalam kesempatan ini, saya mengucapkan terimakasih atas kesempatan yang sudah diberikan kepada saya untuk mengajar di TK Cinta Kasih sebagai guru. Saya juga meminta maaf jikalau selama mengajar disini saya pernah melakukan kesalahan.

Saya berharap agar ke depannya TK Cinta Kasih ini semakin berkembang dan menjadi salah satu yayasan pendidikan di Medan yang sukses.

Demikian permohonan pengunduran diri ini saya sampaikan dalam keadaan sadar, dan tanpa adanya unsur paksaan dari siapapun dan pihak manapun. Atas perhatiannya, saya ucapkan terimakasih.

Medan, 30 Mei 2019

Hormat Saya,

Dewi Cahaya.

contoh surat pengunduran diri guru

Medan, 30 Mei 2019

Perihal : Permohonan Pengunduran Diri

Kepada Yth,
Bapak Kepala Sekolah
SMK Negeri 123 Medan
di Tempat

Dengan hormat,
Saya yang bertanda tangan di bawah ini :

Nama : Intan Permatasari, S.Pd
NIP : 9845853 3464 3463
Jabatan : Guru Komputer
Alamat : Jl. Amal No. 123, Medan

Dengan ini bermaksud mengajukan permohonan pengunduran diri dari SMK Negeri 123 Medan sebagai Guru Matematika dan sebagai anggota Pegawai Negeri Sipil. Adapun alasan pengunduran diri ini dikarenakan kondisi kesehatan saya yang tidak memungkinkan lagi untuk mengajar.

Demikian surat pengunduran diri ini saya sampaikan, tanpa adanya pengaruh dari pihak lain. Atas perhatian dan kebijaksanaannya, saya sampaikan terimakasih.

Hormat Saya,

Intan Permatasari.
NIP. 9845853 3464 3463

contoh surat pengunduran diri organisasi

Surat pengunduran diri juga bisa dibuat untuk mundur dari sebuah organisasi. Contohnya saja seperti ini.,

Makassar, 11 Juni 2018

Kepada

Yth. Ketua Umum

LSM Anak Muda Peduli

Jl. Tuasan Raya, Makassar

Melalui surat ini saya akan menyampaikan maksud dari pengunduran diri saya sebagai Kepala Humas di LSM Anak Muda Peduli Makassar karena harus melanjutkan kuliah di luar negeri terhitung mulai tanggal 30 Juni 2018.

Karena saya harus menempuh pendidikan diluar negeri sehinga tidak memungkinkan untuk terus menjadi anggota LSM Anak Muda Peduli. Saya mengucapkan terima kasih banyak atas semua hal yang telah saya terima selama ini. Terima kasih telah memperbolehkan saya menjadi salah satu bagian dari LSM Anak Muda Peduli. Saya mohon maaf jika terjadi kesalahan selama saya bergabung di LSM Anak Muda Peduli.

Baca Juga :   Cara Membuat Tiwul Singkong

Semoga dengan keluarnya saya dari LSM Anak Muda Peduli tidak menjadi penghalang bagi rekan-rekan untuk terus menginspirasi Indonesia. Demikian adalah surat penunduran diri saya, saya ucapkan terima kasih.

Hormat saya,

Ade Sunandar

contoh surat pengunduran diri tulis tangan

Bandung, 21 April 2019

Kepada

Yth. Human Resource Development

PT. Express Internasional

Jalan Gatot Subroto, Bandung

Dengan hormat,

Bersamaan dengan surat ini, saya sebagai Asisten Manajer Logistik di PT. Express Internasional, berdasarkan surat keputusan Direksi, saya yang bertanda tangan dibawah ini:

Nama : Akramul Fahmi Suvero

Departemen : Opersional

Jabatan : Asisten Manajer Logistik

ID Karyawan : EMPL087

Bermaksud untuk menyampaikan pengunduran diri saya dari jabatan Asisten Manajer Logistik terhitung sejak tanggal 21 Mei 2019.

Sebelumnya saya ucapkan banyak terima kasih atas kesempatan dan dukungan yang telah diberikan selama ini. Semua hal ini akan membantu saya untuk menjadi seorang yang lebih profesional lagi. Saya juga ucapkan permohonan maaf sebesar-besarnya kepada seluruh jajaran direksi PT. Express Internasional beserta dengan rekan-rekan di departemen Operasional jika selama ini saya terdapat banyak kesalahan baik yang disengaja maupun yang tidak disengaja.

Demi kelancaran tugas jabatan asisten manajer logistik, saya bersedia untuk membantu hingga masa transisi berjalan. Semoga kedepannya PT. Express Internasional dapat terus berkembang lebih baik lagi.

Hormat saya,

Akramul Fahmi Suvero

 

contoh surat pengunduran diri dari jabatan

Medan, 30 Mei 2019

Perihal : Permohonan Pengunduran Diri
Lampiran : 6 (Enam) Lembar

Kepada Yth,
Kepala Badan Kepegawaian Daerah Kotamadya Medan
Cq. Bapak Walikota Medan
di Tempat

Dengan hormat,

Saya yang bertanda tangan di bawah ini :

Nama : Anton Syahputra
Tempat/Tgl Lahir : Medan/20 Juni 1975
NIP : 78345753 3466 2387
Pangkat/Gol. : Pembina / IV/A
Jabatan : Kepala Dinas Pariwisata
Unit Kerja : Dinas Pariwisata Kotamadya Medan
Alamat : Jl. Cindelaras No. 123, Medan

Dengan ini bermaksud mengajukan permohonan pengunduran diri dari jabatan sebagai Pegawai Negeri Sipil (PNS), dengan alasan kesehatan yang kurang memungkinkan untuk memimpin sebuah instansi pemerintahan lagi.

Sebagai bahan pertimbangan, bersama ini saya melampirkan beberapa dokumen penting sebagai berikut :

  1. Surat permohonan pengunduran diri secara hormat atas permintaan sendiri sebagai Pegawai Negeri Sipil dan tanpa hak dana pensiun,
  2. Surat pernyataan tidak memiliki kewajiban pembayaran hutang yang pemberianya berhubugan dengan status sebagai Pegawai Negeri Sipil,
  3. Surat pernyataan tidak keberatan dari istri atas permohonan pemberhentian dari jabatan Pegawai Negeri Sipil,
  4. Fotokopi surat keputusan pengangkatan sebagai Pegawai Negeri Sipil yang sudah dilegalisir,
  5. Fotokopi surat keputusan kenaikan pangkat terakhir yang sudah dilegalisir,
  6. Surat pernyataan telah mengembalikan semua barang milik/kekayaan negara.

Demikian permohonan pengunduran diri ini saya sampaikan dengan sepenuhnya dan tanpa adanya unsur paksaan dari siapapun dan dari pihak manapun. Atas perhatiannya dan putusan yang diberikan, saya mengucapkan terimakasih.

Hormat Saya,

Anton Syahputra.
NIP. 78345753 3466 2387.

Tips Membuat Surat Pengunduran Diri

Selain dengan menyusun surat pengunduran diri sesuai struktur, perlu diperharikan bahwa penulisan surat pengunduran diri haruslah ditulis menggunakan etika yang berlaku.

Anda harus mempertimbangkan hal-hal sebagai berikut:

  1. Mengawali dengan penghormatan “Kepada Yth.
  2. Isi surat haruslah singkat dan padat.
  3. Tidak menyertakan kesan buruk kepada perusahaan.
  4. Menyertakan alasan mengundurkan diri dengan logis.
  5. Mengucapkan terima kasih atas pekerjaan yang telah diberikan.
  6. Akan lebih baik jika menyelipkan sebuah kenang-kenangan sebagai ucapan “terima kasih

Jika kalian menggunakan etika diatas, maka perusahaan atau atasan kalian akan melihat kalian sebagai pekerja yang baik yang nantinya akan berdampak ketika kalian melamar pekerjaan yang baru.

Download Surat Pengunduran Diri DOCX

Untuk yang ingin download Surat Pengunduran Diri dengan format file doc atau docx dan lainnya, silahkan klik ini.

https://docs.google.com/document/d/1NTjKbJxyGdvyPNgUe6TjkWl-eCVzDQVQLh3zs12UNQw/edit?usp=sharing

Akhir Kata

Semoga mendapatkan pekerjaan yang lebih baik dan kita bisa berkembang menjadi manusia yang lebih bermanfaat