Home / Contoh Kliping Yang Baik & Benar

Contoh Kliping Yang Baik & Benar

contoh kliping

Contoh Kliping yang Baik & Benar – Kliping pasti bukan perihal yang asing untuk Anda bukan? Modul ini telah sempat di informasikan apalagi semenjak di umur sekolah dasar.

Kliping masih saja dijadikan modul bahasa Indonesia buat bermacam sekolah di Negeri ini.

Bila dilihat dari wujudnya yang sederhana serta instan, memanglah tampaknya membuat suatu kliping dapat dibilang gampang, tetapi sesungguhnya proses buatnya tidak dapat sembarangan.

Terdapat banyak ketentuan serta pula sistematikanya sendiri yang wajib dipadati biar dapat jadi suatu karya yang standar serta baik dan gampang dimengerti.

Kliping sendiri mempunyai sebagian faktor penting di dalamnya yang wajib terbuat sedemikian rupa supaya pembaca jadi tertarik buat menekuni dengan gampang.

Tetapi, sayangnya banyak orang yang masih belum menguasai secara mendetail tengtang contoh kliping dan cara membuatnya serta bermacam pembahasan atasnya dan gimana contohnya.

Pengertian Kliping

Kliping merupakan aktivitas menggunting bagian tertentu dari suatu majalah, koran, ataupun media cetak lain buat setelah itu ditempelkan di kertas lain ataupun novel.

Bagian yang dari media cetak yang telah digunting wajib berjudul ya, pembahasannya wajib sama.

Misalnya nih, kliping yang hendak Anda buat bertemakan kehancuran area, hingga foto serta postingan yang dipotong dari majalah haruslah dengan tema yang lagi Anda bahas.

Jadi, kala terdapat orang lain yang memandang kliping Anda, mereka tidak hendak bimbang.

Data yang mereka serap dapat jauh lebih mendalam sebab banyak data yang Anda kumpulkan ke dalam kliping milikmu.

Tujuan membuat Kliping

Tujuan dari kliping merupakan mencampurkan ataupun mengumpulkan data dari suatu tema yang awal mulanya berasal dari bermacam sumber buat sesuatu kepentingan.

Baca Juga :   Kelebihan Suzuki Ignis TERBARU

Kepentingan disini bermacam-macam ya, dapat sebab tugas sekolah, kepentingan individu, terdapat merangkum data buat dilaporkan kembali.

Susunan dalam membuat Kliping

Saat sebelum membuat kliping, Anda wajib ketahui dahulu penataan dari kliping itu sendiri. Faktor dalam kliping pula wajib cocok, supaya orang lain tidak bimbang kala memandang kliping Anda.

Lapisan kliping yang benar pula wajib Anda perhatikan ya, supaya lebih terstruktur. Kemudian gimana lapisan kliping yang benar itu?

Sampul Kliping

Sampul ataupun cover ini wajib terdapat dalam kliping ya. Supaya kliping yang Anda buat jadi lebih menarik serta kala orang hendak membaca, mereka ketahui tema dari kliping Anda.

Jadi, buatlah cover yang menarik serta bagus ya, supaya orang tertarik dikala awal memandang sampulnya. Buat cover yang menggambarkan isi dari kliping Anda.

Kata Pengantar Kliping

Bukan hanya laporan ataupun skripsi aja yang gunakan kata pengantar, di dalam kliping pula terdapat, hehehe.

Tetapi, pemakaian kata pengantar dalam kliping ini memanglah tidak sering sih. Tetapi, tidak terdapat salahnya kok buat meningkatkan faktor kliping yang satu ini.

Anda dapat membuat kata pengantar yang baik semacam seperti karya ilmiah ataupun skripsi ya.

Catatan Isi Kliping

Apakah kliping memakai catatan isi? Pasti saja.

Buat navigasi serta memudahkan orang mencari, hingga dibuatlah catatan isi, tercantum di dalam kliping. Catatan isi ini berisi data tentang taman serta tema yang dibahas. Jadi, orang tidak butuh bimbang bila mau memperoleh data tertentu.

Isi Kliping

Bagian isi ini merupakan faktor kliping yang utama. Isi ataupun ulasan wajib cocok dengan judul, tema, serta sampul yang telah Anda buat ya. Supaya orang tidak bimbang kala membuka kliping milikmu.

Masak cover-nya tentang teknologi terkini, sehabis dibuka isinya area hidup, kan tidak nyambung tuh.

Tidak hanya membagikan isi yang cocok dengan cover, bagikan pula sumber dari mana foto serta postingan itu Anda bisa ya. Dapat dengan menggunting nama majalah, koran, serta media lain dan bertepatan pada terbitnya.

Kesimpulan Serta Saran

Sehabis menguraikan banyak data dari bermacam sumber, Sidikul membagikan kesimpulan. Tujuannya pasti saja supaya pembaca gampang paham kesimpulan dari isi kliping.

Catatan Pustaka

Meski Anda telah menyertakan sumber pada isi, tetapi catatan pustaka ini tidak boleh terlampaui ya. Buat catatan pustaka pula tidak boleh asal, wajib cocok dengan ketentuan baku yang berlaku.

Baca Juga :   Gunakan Virtual Office bisa Bisnis jadi Hemat, Terimakasih Arvahub.Com

Nah, Anda wajib mencermati tiap faktor serta lapisan di dalam pembuatan kliping ya. Supaya kliping jadi sistematis serta gampang dimengerti pembaca.

Cara Membuat Kliping yang Bagus

Lalu gimana cara membuat kliping yang benar? Meski nampak sangat gampang, hendak namun terdapat sebagian perihal yang wajib Anda perhatikan saat sebelum membuat kliping.

Bahan-bahan yang dipakai buat membuat kliping umumnya berasal dari media cetak semacam koran, majalah, poster ataupun media cetak yang yang lain.

Tetapi bersamaan dengan perkembangannya era, mayoritas orang lebih bergeser buat mencari bahan di Internet.

Serta tidak sedikit pula sekolah serta akademi besar yang mengambil sumber dari internet.

Dibawah ini terdapat sebagian langkah yang wajib dicoba kala Anda membuat kliping:

Tentukan Tema saat membuat Kliping

Saat sebelum Anda membuat kliping, Anda wajib memastikan temanya terlebih dulu.

Contohnya tema kliping diambil bersumber pada pada bidangnya semacam bidang teknologi, bidang pertanian, bidang kesehatan serta sebagainya.

Kala Anda telah memastikan bidangnya, hingga Anda wajib mencari serta memastikan postingan ataupun foto yang wajib berkaitan dengan bidang tersebut.

Jika misalnya tentang teknologi, hingga carilah postingan ataupun foto yang berkaitan dengan teknologi.

Pengumpalan Bahan & data untuk Kliping

Dalam pengumpulan bahan serta informasi kliping, carilah bahan kliping dari media cetak semacam majalah, pesan berita, novel, maupun media yang lain semacam internet.

Bila Anda memakai internet selaku rujukan bahan serta informasi dalam pembuatan kliping, hendaknya di cetak ataupun di print terlebih dulu supaya kliping nampak lebih menarik

Buat pengumpulan bahan serta informasi dianjurkan mencari dari media cetak di tahun-tahun tadinya hingga dengan yang terkini. Bila memanglah di media cetak tidak ada postingan ataupun foto yang relevan dengan tema yang Anda buat, hingga cara terakhir merupakan dengan mencarinya di internet.

Persiapkan Perlengkapan

Sehabis bahan terkumpul, langkah berikutnya yang wajib Anda siapkan merupakan persiapkan perlengkapan semacam gunting, penggaris, serta pula lem buat membuat klipingnya.

Apabila Anda mau menghias klipik supaya nampak menarik, Anda dapat tambahkan hiasan ataupun apalagi spidol warna buat membuat cantik tulisannya.

Saat sebelum Anda menggunting bahan kliping, sediakah terlebih dulu kertas HVS ataupun kertas folio selaku tempat klipingnya.

Anda pula dapat memakai novel tulis ataupun novel foto.

Baca Juga :   [PDF] Contoh Soal Tes CPNS PDF & Kunci Jawaban Untuk TWK, TIU dan TKP!

Gunting Bahan Kliping

Pada tahp ini, guntinglah postingan ataupun foto yang udah Anda kumpulkan tadinya. Kemudian tempelkan bahan tersebut pada kertas HVS ataupun karton.

Dalam menggunting Anda pula dapat memakai gunting pola. Jadi hasilnya dapat lebih bagus serta apik.

Tempelkan Bahan Kliping

Dalam proses ini, susunlah foto ataupun postingan dengan sistematis. Mulai dari penataan bertepatan pada hingga dengan tahun terbitnya, sehingga nampak lebih apik serta bagus.

Jangan kurang ingat tempelkan sumber postingan yang Anda cari. Entah itu dari koran, majalah, novel maupun dari internet.

Dalam proses penempelan, silahkan berinovasi cocok dengan kemauan Anda.

Anda pula dapat meningkatkan hiasan bunga maupun yang yang lain pada taman kliping ataupun meningkatkan aksesoris yang lain cocok dengan selera yang Anda mau.

Membuat Cover Kliping

Sehabis proses penempelan berakhir, langkah selanjutkan yang wajib Anda jalani merupakan membuat cover pada kliping yang Anda buat.

Perihal ini bertujuan supaya pembaca lebih penasaran serta lebih tertarik buat membaca kliping yang sudah Anda buat.

Contoh Cover Kliping

Membuat Daftar Isi

Tiap lembaran HVS tinggalkan satu ataupun 2 lembar pada taman depan yang bertujuan buat membuat catatan isi, tidak hanya itu beri no taman pada footer HVS supaya pembaca lebih gampang menciptakan taman yang cocok dengan catatan isi.

Video Cara Membuat Kliping yang Menarik

Contoh Tugas Kliping PKN

Buat Anda yang memiliki tugas pelajaran PKN buat contoh kliping, terdapat banyak tema yang dapat Anda bahas disini. Pasti saja yang masih berhubungan dengan PKN ya, misalnya saja pancasila.

Contoh Kliping Berita Masyarakat

Contoh Aneka Kliping

Aneka Kliping

Contoh Membuat Kliping Sejarah

Buat tema sejarah, biasnya tidak sering banget nih datanya di media cetak. Kalaupun terdapat, bisa jadi Anda dapat mencari media cetak yang terbit dikala hari tertentu.

Misalnya nih ya, dikala hari kemerdekaan, hari pahlawan, hari kesaktian pancasila, serta masih banyak lagi. Umumnya, pada hari-hari tersebut, media cetak hendak mangulas sejarah.

Contoh Kliping Sosial

Kliping Sosial

Contoh Kliping Olahraga

Jika tema berolahraga mah banyak banget nih, di koran aja tiap hari dibahas. Tinggal Anda ingin seleksi apa olahraganya. Terdapat voli, badminton, basket, serta yang sangat banyak sih sepak bola.

Contoh Gambar Kliping Daerah

Kliping Daerah

Segala ulasan tentang kliping ini mudah-mudahan dapat jadi data bonus buat belajar Anda ya.