Cara Upload Gambar WebP di WordPress

Cara Upload Gambar WebP di WordPress – Kita pasti saat menggunakan wordpress akan ada kegiatan upload gambar adalah nah ini merupakan kegiatan yang wajar dan wajib saat akan membuat artikel atau tulisan blog, namun yang jadi masalah adalah saat ini Google benar benar mengharuskan kita untuk membuat format gambar yang sesuai saran mereka. Coba deh cek di Insight Google maka akan ada aturan untuk menggunakan gambar webp yang lebih ringan untuk web menurut Google.

Saat ini untuk optimasi gambar di blog tentu saat kita cek di Insight Google pasti akan ada error atau bahkan di pertegas bahwa gambar harus “serve image in next-gen formats

Cara Upload Gambar WebP
Cara Upload Gambar WebP di WordPress tanpa plugin

Kalau untuk optimasi blogging khususnya wordpress gambar adalah bagian penting untuk kebutuhan website. Bukan saja sebagai pelengkap tapi juga sebagai kebutuhan premier, sebab gambar bisa menjadi penjelasan yang mudah di mengerti oleh orang Indonesia.

Jadi dengan saran Google yang harus menggunakan gambar webp maka error diatas bisa kita hindari dengan mengikuti kebijakan dari Google.

Jadi, how to upload webp to wordpress atau bagaimana cara upload gambar dengan format webp di wordpress agar tidak error ?

Apa WordPress Bisa Upload gambar WebP ?

Sebenarnya WordPress memang belum menyediakan ekstensi webp di dalam daftar mime types untuk gambar yang boleh di uploas, sehingga ketika Anda mencoba mengupload gambar berekstensi .webp secara otomatis akan langsung ditolak oleh sistem dari wordpress.

Tapi itu, bukan berarti kita tidak bisa meng-upload dan menggunakan gambar dengan formats .webp di WordPress lho. Ada salah satu dari kelebihan di WordPress yang cukup disukai untuk kita yang suka berkreasi yaitu WordPress memberikan kita kebebasan dalam mengubah konfigurasi sistem WordPress.

Contohnya adalah pada artikel ini dimana gambarnya menggunakan gambar formats .webp yang notabene ditolak oleh sistem wordpress.

Bagaiman cara upload gambar webp di wordpress yang sedangkan gambar tersebut saja ditolak saat hendak di upload oleh wordpress ?

Kita akan berikan caranya dengan memanfaatkan kelebihan yang wordpress yang memberikan kebebasan pada sistemnya tersebut. Kita hanya memberukan sedikit sentuhan agar sistem mau untuk menerima jenis format webp.

Tapi kita bahas dulu untuk pengertian dari format webp ini kenapa kok sangat di sarankan oleh Google. Jadi apa sih format webp itu ?

Pengertian Gambar WebP?

Webp adalah format gambar baru yang dikeluarkan dan direkomendasikan oleh Google sebagai format yang tepat & baku dengan untuk kebutuhan dari sebuah gambar website. Format baru ini dirilis pada septembar tahun 2010 yang kini diklaim mampu mengurangi atau meredusi di website gambar hingga 25% dibandingkan format JPG ataupun PNG pada umumnya.

Dengan kemampuan dan keunggulan webp tersebut dipastikan oleh Google bahwa kecepatan loading website akan meningkat drastis karena beban load berkurang hingga 25%. Tidak itu saja jenis format webP juga mendukung gambar bergerak/animasi (gif) selayaknya gambar yang dapat bergerak.

Yang kita bahas adalah pengertian dari format webp gambar serta dengan kelebihan yang bisa kita nikmati, namun ada kekurangan yang cukup banyak dari formats webp ini.

Kekurangan dari format WebP

itu tadi kelebihan dari gambar format webp yang sangat di unggulkan, mulai redusi ukuran gambar sampai 25% dan lain sebagainya namun ada kekurangan webp yang saat ini masih ada & mungkin satu-satunya kekurangan dari webp adalah ada browser dan device yang belum support dengan format webp ini.

Salah satu kenapa beberapa browser belum support webp adalah karena format gambar webp masih terbilang baru & juga jarang kita kenal, sehingga teknologi dari browser lama belum menyediakan dukungan penuh atas format gambar baru ini.

Tapi ini bukan alasan sih untuk kita tidak mengikuti Google untuk mengubah gambar menjadi webp untuk kita masukkan di artikel atau pun website.


Karena saat ini saja pengguna browser terbesar ya masih di duduki salah satunya adalah browser Google Chrome. Selain itu juga browser ini adalah browser yang menjadi produk unggulan dari Google yang telah mendukung gambar format webp.

Cara Upload File WebP di WordPress

Kita berikan pembahasan sedikit saja, bahwa kalau kita upload gambar dengan formats webp langsung tanpa cara ini maka jelas akan ditolak langsung oleh sistem wordpress. Sehingga Anda perlu melakukan sedikit modifikasi agar bisa dengan mudah lolos untuk upload gambar format webp.

Cara untuk bisa mengupload file gambar format .WebP kita hanya perlu menambah daftar scipt gambar yang diijinkan oleh WordPress di bagian functions.

Caranya adalah menambahkan kode berikut ini di file functions.php yang berada di Appearance > File Editor > functions.php

#1. Copy script Code dibawah ini

//enable upload for webp image files.
function webp_upload_mimes($existing_mimes) {
$existing_mimes['webp'] = 'image/webp';
return $existing_mimes;
}
add_filter('mime_types', 'webp_upload_mimes');

//enable preview / thumbnail for webp image files.
function webp_is_displayable($result, $path) {
if ($result === false) {
$displayable_image_types = array( IMAGETYPE_WEBP );
$info = @getimagesize( $path );

if (empty($info)) {
$result = false;
} elseif (!in_array($info[2], $displayable_image_types)) {
$result = false;
} else {
$result = true;
}
}

return $result;
}
add_filter('file_is_displayable_image', 'webp_is_displayable', 10, 2);

Lalu masuk ke bagian Apperance (tampilan) lalu masuk kebagian File Editor (penyunting tema).

#2. Paste di File Functions.php (fungsi tema)

Lalu letakkan kode tersebut dibaris paling bawah

#3. Tinggal Save

Maka sudah tinggal kamu upload saja semua file dengan format .webp di wordpress anda.

Kesimpulan

Ini adalah cara yang saya terapkan pada blog ini, karena blog ini menggunakan wordpress serta juga sedang mengikuti apa yang memang Google kehendaki, sehingga untuk optimasi kita sudah mengikuti aturan dari Google.

Demikian cara untuk bisa upload file webp dengan mudah & lancar, semoga bisa bermanfaat.

39 Views

2 pemikiran pada “Cara Upload Gambar WebP di WordPress”

Tinggalkan komentar