Cara Menghindari Blacklist Google

Jika anda pernah masuk ke dalam daftar blacklist Google maka anda sangat perlu untuk membaca ini, karna kita akan bahas cara menghindari Blacklist Google dengan langkah yang tepat & juga cepat agar website kita segera keluar dari jeratan blacklist Google itu.

Daftar blacklist Google bukanlah hal yang bagus lho, karena website kita saat kita akses akan muncul layar merah seluruhnya dengnan logo tanda seru yang jelas serta dengan tulisan yang memberikan penjelasan bahwa website yang kita akses adalah website yang berbahay & merugikan (menurut Google).

Tapi jika website kita memang tidak sesuai dengan apa keterangan yang Google tampilkan maka kita perlu untuk segera keluar dari blacklist tersebut, agar website kita tidak segera down atau bahkan website dimatikan oleh Google.

Cara Keluar dari Blacklist Google

Itulah ulasan sebelumnya yang sudah kita jelaskan, hal selanjutnya yang harus kita lakukan tentu saja adalah menghubungi & memberitahu Google dan meminta mereka menghapus situs web kita dari daftar blacklist google & begini cara untuk melakukannya kamu bisa mengikuti langkah mudah berikut ini :

  1. Login ke Google Search Console.
  2. Klik dibagian keamanan.
  3. Bisa anda lihat apakah semua masalah telah teratasi. Jika ya, centang kotak untuk mengonfirmasi bahwa kamu telah memperbaiki semua masalah.
  4. Lalu bisa klik tombol Request A Review.
  5. Anda bisa berikan penjelasan sedikit dengan apa yang telah anda hapus perbaiki di situs web anda.
  6. kemudian anda bisa tunggu, karena prosesnya akan perlu beberapa hari
  7. Setelah mendapat balasan & dinyatakan lolos peninjauan, maka situs web kita akan terlihat lagi di Search Engine & website sudah keluar dari daftar blacklist google.

Cukup mudah sekali bukan caranya untuk keluar & cara dalam menghindari blacklist Google. Namun apa sih alasannya Google melakukan blacklist semacam ini pada website ?

Alasan Google Melakukan Blacklist untuk Website ?

Sebagai mesin pencari yang handal & nomor 1, Google juga ingin memberikan hal juga informasi yang terbaik bagi para pengunjungnya. Dalam hal ini dalam konteks keamanan adalah hal yang menjadi kunci blacklit Google. Jadi, mbah Google tidak ingin pengunjugnya masuk ke website-website yang berbahaya & dapat membawa hal yang negatif.

# : Cara Upload Gambar WebP di WordPress Tanpa Plugin

Oleh karena itu, Google akan segera melakukan blacklist pada website-website tersebut yang di indikasi dapat merugikan penggunanya atau pengunjungnya. Nah, blacklist Google dilakukan dengan menampilkan pesan peringatan ketika website berbahaya diakses.

cara menghindari blacklist google
cara menghindari blacklist google untuk tahun 2020

Berikut adalah dua masalah yang menyebabkan suatu website bisa terkena blacklist Google :

Website Malware – Website tersebut ada kode-kode berbahaya yang dapat menginstall software secara otomatis di komputer pengguna saat pengguna mengunjunginya.

Website Phishing – Website tersebut menyerupai website asli (website cloning) dengan tujuan pencurian data dan informasi pribadi pengguna (seperti email dan password).

Jika Anda masih bertanya “mengapa web saya terblacklist google?” maka bisa kita cek dahulu apakah website tersebut termasuk salah satu atau kedua hal di atas.

Namun masih ada yang bertanya-tanya, “apa sih yang perlu dikhawatirkan dari blacklist Google?” Ini adalah potensi dampak negatifnya jika website masuk blacklist Google:

  1. Website akan alami enurunan peringkat website di hasil pencarian Google.
  2. Berkurangnya jumlah pengunjung secara drastis.
  3. Penurunan tingkat kepercayaan pengunjung di website kita.
  4. Rusaknya reputasi brand sebab website tidak bisa dikunjungi.

Pastinya Anda tidak mau mengalaminya, bukan? Nah meski blacklist Google ini berbahaya namun ada tingkatan blacklist dari Google untuk setiap website serta dengan cara atasi yang berbeda-beda juga jadi anda harus tahu dulu berbagai tingkatannya.

1. Blacklist karena ada Malware

Jika website kita terserang malware jahat maka akan muncul tulisan “The site ahead contains malware.” Contohnya seperti ini:

Blacklist yang Disebabkan Malware
sumber : niagahoster | Blacklist yang Disebabkan Malware

Pesan lain si sebabkan malware adalah halaman bertuliskan “The site ahead contains harmful programs“.

Inti kedua pesan tersebut sama, yaitu menganjurkan pengguna untuk tidak memasuki website yang terindikasi mengandung malware, alias berpotensi menginstall software-software berbahaya ke komputer mereka.


2. Blacklist karena ada Phising

Jika situs yang terindikasi oleh mengandung phishing akan bertuliskan “Deceptive site ahead”.

Blacklist yang Disebabkan Phishing
Sumber : niagahoster | Blacklist yang Disebabkan Phishing

Namun ada pesan lain yang muncul juga yaitu “Did you mean [site name]? or Is this the right site?” atau “Suspected Phishing Site“.

Cukup dengan muncul pesan tersebut, pengguna diminta untuk mempertimbangkan apakah akan tetap mengakses website tersebut atau menutupnya demi keamanan.

Cara agar website tidak Masuk Google Blacklist

Untuk mengatasi & juga menghindari website agar tidak masuk ke dalam blacklist Google mungkin cara cara ini bisa anda lakukan dari sekarang.

1. Bersihkan Website saat terkena Infeksi

Setelah mengetahui website terkena infeksi Anda bisa langsung membersihkannya dengan ceat & mudah. Bagaimana caranya? Berikut langkah-langkah yang bisa Anda coba:

  1. Bisa langsung Backup – Sebelum melakukan pembersihan, pastikan tidak ada data yang hilang. Oleh karena itu, Anda perlu melakukan backup terlebih dulu. Cara termudah untuk melakukannya adalah dengan memanfaatkan plugin backup.
  2. Langsung Hapus infeksi dengan plugin – Pada umumnya, security plugin menawarkan opsi untuk menghapus infeksi yang ada di website Anda setelah melakukan scanning.
  3. Uninstall plugin dan tema yang bermasalah – Jika ada tema atau plugin yang terdeteksi bermasalah pada proses scanning, Anda bisa meng-uninstall nya. Kemudian, gantilah dengan tema dan plugin yang lebih aman.
  4. Hapus akun user yang mencurigakan – Apabila di website Anda tiba-tiba ada user tak dikenal yang muncul, Anda bisa menghapusnya langsung sebagai admin.

2. Menutup Celah Keamanan Website

Sekarang anda bisa mencoba scan website anda lagi. Apakah ditemukan ada masalah? Jika iya ada masalah anda bisa mengidentifikasi infeksi tersebut lalu menghapusnya dengan.

Namun jika infeksinya sudah hilang sepenuhnya, lakukan hal-hal berikut untuk memperkuat keamanan website Anda:

  1. Ganti password Website – Pastikan Anda mengubah password website Anda menjadi lebih aman. Sebisa mungkin gunakan kombinasi huruf kapital, angka, dan simbol. Jangan lupa untuk gunakan lebih dari 10 karakter.
  2. Memasang two-way authentication – Selanjutnya, Anda bisa membuat login website WordPress Anda lebih kompleks dengan bantuan two-way authentication. Metode ini bisa Anda aktifkan melalui plugin.
  3. Mengubah URL Login – Biasanya URL halaman login website WordPress adalah namadomain.com/wp-admin. Untuk membuatnya lebih sulit ditebak, Anda bisa mengubah URL login Anda dengan bantuan plugin.

3. Gunakan Hosting yang Terpercaya Aman

Dari layanan hosting yang kita pakai juga bisa mempengaruhi tingkat keamanan website lho! Itu karena biasanya tidak semua penyedia hosting menawarkan fitur fitur khusus yang bisa meningkatkan keamanan website bahkan penyedia hosting sering juga ada yang nakal dengan menyisipkan script yang bisa membuat website kita masuk Google Blacklist.

4. Selalu Update Website Anda

Jika website Anda tidak di-update dengan rutin maka akan ada celah keamanan yang terbuka yang bisa masuki oleh para intenet jahat. Maka hal ini lah mengapa penting untuk update blog secara terus terusan.

Bagi anda yang pengguna WordPress, biasanya notifikasi update WordPress akan muncul di dashboard dibagian utama. Begitu juga dengan notifikasi update plugin dan tema yang selalu di munculkan. Jadi Anda bisa melakukan update dengan mudah seuai arahan notif yang muncul. Karena celah keamanan bisa juga berasal dari tema dan plugin versi lama.

Jangan lupa juga selalu lakukan backup data setelah melakukan update artikele. Sehingga Anda bisa terhindar dari hal yang tidak diinginkan. Contohnya, gagal update pada WordPress yang menyebabkan website Anda error.

Kesimpulan

Sehingga saat anda mengalami hal seperti ini dimana website atau blog anda masuk dalam blacklist Google maka anda bisa langsung mengatasinya dengan cara memperbaiki yang dirasa itu adalah penyebab dari website kita masuk blacklist.

Ya tentu saja bisa langsung keluar namun perlu di perbaiki dahulu bagian yang menurut Google itu adalah hal yang negatif dan layak untuk di blacklist oleh Google.

Tinggalkan komentar