cara menghapus akun tokopedia

Cara Menghapus Akun Tokopedia

Sidikul akan bahas mengenai cara menghapus akun tokopedia yang permanen atau sementara ? Silahkan baca dan lakukan yang telah sidikul berikan berikut ini. Tokopedia merupakan salah satu marketplace besar di Indonesia yang bersaing ketat dengan Shoppe, Lazada, Blibli, Bukalapak dan JD.ID untuk menggaet transaksi Belanja Online yang membludak di Indonesia.

Tokopedia sendiri lahir cukup lama di Indonesia sejak tahun 2009 dan kini sudah menjadi Unicorn dengan valuasi bisnis Triliyunan Dollar. Sampai Sekarang ini, Tokopedia menjadi sebuah marketplace yang paling sering dikunjungi oleh masyarakat Indonesia.

Model Bisnis Tokopedia

Secara umum Tokopedia memiliki beberapa Jenis bisnis yang bisa dilakukan oleh pelangganya. Beberapa diantaranya adalah :

  1. Customer to Customer (C2C)
    Bisnis pertama Tokopedia sejak awal adalah marketplace. Tokopedia menyediakan sebuah platform bisnis C2C untuk mempertemukan penjual dan pembeli secara gratis.
  2. Penyedia Layanan Produk Digital
    Selain Marketplace Tokopedia juga menjual beberapa produk digital seperti Aneka Pembayaran Cicilan, pulsa, pembayaran BPJS, Tiket Online, listrik dan air, tagihan Internet dan telepon, kartu kredit, tv berlangganan, Voucher permainan dan banyak lagi lainya
  3. Layanan Financial (Fintech)
    Tokopedia melebarkan sayap dengan menjual aneka produk Finansial di tahun 2016. Beberarap Produk fintech yang dimiliki oleh Tokopedia mulai dari dompet digital yang sekarang bekerja sama dengan OVO, Emas Online, investasi terjangkau, Pinjaman Tanpa Agunan, kredit modal bisnis, kartu kredit virtual, produk Asuransi proteksi, Reksadana dan Aneka invertasi lainya
  4. Mitra Tokopedia Di tahun 2018
    Tokopedia berhasil menghadirkan sebuah branch bisnis yang dinamai aplikasi Mitra Tokopedia. Sebuah Aplikasi dibuat untuk orang yang dikhususkan para pemilik warung dan usaha kecil agar mudah berjualan produk digital Tokopedia seperti Jualan Pulsa, Pembayaran online, Paket data, Pembayaran Kredit dan lainya.
Baca Juga :   Cara Menggunakan Andromax Tool

Kenapa Tokopedia Sangat Populer?

Sebagai perusahaan Digital, Tokopedia saat ini sudah berhasil menghadirkan empat model bisnis utama bagi para pelangganya. Semua Layanan Tokopedia Gratis dan Menjadikan Ecommerce ini melesat menjadi pemimpin di Kelasnya.

Ada Cukup banyak UMKM yang merasa terbantu dengan hadirnya Tokopedia apalagi para pelaku bisnis Dropshipper yang terbilang sangat Mudah dilakukan di Marketplace Hijau ini.

Kenapa Akun Tokopedia Ingin Dihapus?

Saking banyaknya manfaat dari akun marketplace ini kenapa beberapa orang ingin menghapus Akun ini ?

Ada cukup banyak alasan kenapa mereka ingin mendelete akun mereka dan yang sering ditemukan adalah :

  1. Punya Banyak Akun
    Multi Akun merupakan hal yang umum terjadi di Indonesia entah itu punya 2 akun Facebook, 2 Akun Twiter, Instagram, Pinterest maupun Marketplace. Banyak Orang Indonesia yang punya lebih dari 2 akun tokopedia apalagi dulu Memang marketplace ini masih longgar dalam urusan akun
  2. Mantan Dropshipper
    Penyebab lain kenapa ingin menghapus akun tokopedia adalah karena dulu mainya bisnis dropshipper yang punya segudang akun tokopedia dan kini sudah nggak jalan lagi sehingga ingin sekali menghapus akun tersebut.
  3. Terkait Nomor Pribadi
    Biasanya akun atas nama pribadi yang ingin diganti dengan akun lain bisa menjadi penyebab penghapusan akun. Orang yang tidak ingin memakai nomor pribadi biasasanya karena kebanyakan promo yang masuk ke Hape Mereka.

Sebenarnya ada banyak lagi penyebab lainya tapi kami rasa itu sudah cukup memberikan gambaran kenapa akun Tokopedia ingin dihapus oleh pemiliknya.

Cara Hapus Akun Tokopedia Sementara

Yang dimaksud penutupan akun sementara ini adalah menutup akun dengan Closing Toko alias Toko di tutup sementara karena Liburan, Under Construktion, Penataan Sistem, Restocking barang dan lainya. Cara menutup Akun ini cukup mudah dan bisa dilakukan dari komputer, HP maupun Aplikasi

Cara Menutup Akun Tokopedia dari Mobile Website

Yang cukup mudah adalah dengan menutup akun lewat website langsung,

  1. Silakan Masuk dulu ke Webste Tokopedia Via Browser Mobile (https://m.tokopedia.com).
  2. “Login” dulu ke akun Tokped anda.
  3. Kalau sudah silakan Pilih “Ikon Garis Tiga“.
  4. Masuk ke “Pengaturan Toko“.
  5. Silakan Atur jadwal toko untuk ditutup, silakan diceklis dan berikan alasan kenapa toko tutup sementara.
Baca Juga :   Like Instagram Gratis

Cara Menutup Akun Tokped lewat Komputer

Cara ini hampir sama dengan yang di atas namun ini lebih lengkap ala sidikul

  1. Silahkan Login ke akun tokopedia anda dengan mengunjungi https://www.tokopedia.com/.
  2. Cari “Gambar Rumah” (Icon Toko) kemudian pilih “Pengaturan Toko“.
  3. Masuk ke “Informasi Toko > Status Toko“.
  4. Dibagian Atur jadwal toko silakan diceklis chekbox “Tutup Toko Sekarang“.
  5. Jangan Lupa untuk mengisikan alasan kenapa anda ingin menutup toko lalu klik atur.

Cara Menutup Akun Tokopedia Via Aplikasi

Untuk yang tidak punya laptop & komputer, anda bisa kok menutup akun lewa aplikasi di HP,

  1. Langsung saja “Login” dulu ke Akun Tokped di aplikasi (kalau udah login sih langsung open).
  2. Pilih “Tab Akun” di bawah > klik ikon “Pengaturan” di pojok kanan atas.
  3. Pilih “Menu Toko” Langsung menuju “Menu Informasi“.
  4. Pilih bagian “Status Toko“, lalu pilih bagian “Toko Ditutup“.
  5. Seperti biasanya berikan alasan kenapa toko ingin ditutup.
  6. Kalau semua sudah benar silakan Klik Simpan.

Nah cukup mudah kan menutup toko sementara di Tokopedia ? Kalau pengin menutup toko secara permanen silakan ikuti panduanya dibawah ini.

Cara Menutup Akun Tokopedia Secara Permanen

Menghapus akun tokped secara permanen itu butuh effort yang tinggi dan sejauh ini kami belum menemukan solusi paling mudahnya.

Tokopedia memang tidak menyediakan tombol Closing toko permanen sama dengan bukalapak. Hal ini tentu bertujuan untuk memastikan keamanan bertransaksi di Tokopedia sehingga jika terjadi penipuan akan mudah terlacak.

Jadi bisakah akun tokopedia dihapus ? Sampai sejauh ini Tokopedia belum menyediakan proses cara menghapus akun tokopedia. Maka dari itu Kalau misalkan anda ingin melakukan hal tersebut silakan hubungi saja Customer Tokped Via Email, Chat, atau Aplikasi Tokopedia.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.