cara mengatasi lampu laptop kedap kedip

Cara Mengatasi Lampu Laptop Kedap Kedip

Cara mengatasi lampu laptop kedap kedip, Ada banyak masalah yang terjadi pada sebuah laptop, selain itu untuk mengatasinya juga berbeda tergantung kerusakan pada laptop itu sendiri.

Yang mana biasanya walaupun laptop kamu tidak nyala namun indikator laptop hidup, hal ini bisa disebabkan oleh banyak hal.

Namun yang pasti, pusat masalah ada pada komponen di dalam laptop, sebelum kamu mengatasinya, kamu harus terlebih dahulu penyebab dan bagaimana untuk mengatasinya.

Bagi kamu yang ingin tahu cara mengatasi laptop tidak mau menyala lampu indikator hanya berkedip agar dapat menyelesaikan masalah pada laptop, simak berikut ini.

Cara Mengatasi Lampu Laptop Kedap Kedip Terus Menerus

Simak baik-baik untuk artikel berikut ini.

Kabel Fleksibel Rusak

Kabel fleksibel merupakan komponen yang menghubungkan mesin pada laptop ke layar, sehingga jika komponen ini rusak, maka layar akan mati, sedangkan lampu power hidup dan berkedip.

Jika bagian ini rusak, biasanya dapat kamu cek dengan cara mengets bagian cpu atau audio pada laptop, jika audio terdengar suara Windows, dan kipas nyala, maka bagian inilah yang rusak.

Baca Juga :   Harga Emas Kembali Suram, Tertekan 2 Faktor Imbal Ini. Cek Harga Emas Hari Ini 18 Maret 2021

Untuk mengatasinya, silahkan service bagian kabel fleksibel, dan pastikan kamu pergi ke service center resmi karena memang untuk mengganti kabel fleksibel butuh keahlian khusus.

Cek Bagian RAM

RAM merupakan salah satu komponen yang mudah rusak selain motherboard, yang mana biasanya jika RAM mengalami masalah akan membuat layar laptop no display.

Masalah RAM biasanya disebabkan karena arus listrik tidak stabil atau laptop sering dimatikan paksa akibat mati listrik atau masalah lainnya.

Untuk mengatasi hal ini, pertama kamu bisa mencopot RAM kemudian memasangnya kembali, jika belum berhasil, coba bersihkan RAM siapa tau kotor dan berdebu.

Jika belum berhasil, langkah terakhir adalah dengan mengganti RAM dengan unit baru.

Kerusakan pada SSD atau Harddisk

Kerusakan pada Hardisk atau SSD juga sering menyebabkan laptop hidup namun tidak tampil, yang mana semua data OS Windows biasanya di install pada komponen ini.

Akan tetapi, jika rusak pada bagian SSD atau Harddisk pengguna akan masuk ke mode BIOS, namun masih tidak dapat masuk ke Windows.

Untuk mengatasinya, silahkan ganti komponen hardisk atau SSD yang terpasang dengan SSD yang lain, dan coba kembali hidupkan serta install ulang Windows kembali.

Baca Juga :   Penyebab Whatsapp Keluar Sendiri

Cek Bagian Baterai Laptop

Baterai merupakan komponen yang menyimpan daya yang nantinya akan disalurkan ke komponen lain di laptop, yang mana jika bermasalah maka laptop kamu tidak akan hidup.

Kerusakan pada baterai tentu saja akan membuat Laptop tidak dapat hidup namun akan menampilkan indikator menyala dan berkedip.

Untuk mengatasinya, kamu bisa menggunakan laptop dengan dengan charger agar laptop menerima daya dari adaptor langsung tanpa ada baterai.

Jika dengan cara diatas berhasil, berikutnya silahkan beli baterai baru sesuai dengan merek laptop kamu. Dengan ini masalah pada laptop akan dapat teratasi.

Penyebab Lampu Indikator Baterai Laptop Terus Berkedip

Baterai Over Heat

Bagian ini juga bisa menjadi kemungkinan kuat penyebab lampu indikator baterai berkedip, karena baterai laptop yang selalu dalam kondisi charging, sehingga aliran listrik menumpuk dan menghasil panas.

Dan lama kelamaan baterai laptop mengalami overheat dan berpengaruh pada lampu indikator laptop. Kondisi biasa ditemukan di berbagai merk laptop.

Untuk cara mengatasinya, anda bisa mematikan laptop anda terlebih dahulu dan cabut baterai laptop dan diamkan beberapa menit sampai benar-benar dingin.

Setelah itu coba pasang kembali baterainya, dan anda bisa melihat perubahannya. Jika lampu indikator berhenti berkedip, maka bisa disimpulkan bahwa baterai laptop over heat merupakan penyebabnya.

Baca Juga :   Pengertian Rasio Keuangan dan Manfaatnya

Charger yang Tidak Cocok

Poin ke tiga ini, bisa berhubungan dengan poin sebelumnya, karena penyebab baterai laptop panas karena kurang cocoknya charger yang digunakan, seperti menggunakan charger laptop yang bukan dari bawaanya atau merknya berbeda.

Cara mengecek, jika charger merupakan biang kerok permasalahan ini, adalah cukup cari charger laptop teman, kerabat, atau keluarga yang memiliki charger sesuai merk laptop anda.

Anda bisa mengeceknya dan membandingkan menggunakan charger yang sebelumnya dengan charger yang sesuai laptop anda.

Driver Baterai Tidak Compatible

Driver merupakan perangkat lunak yang penting dan sangat berpengaruh terhadap hardware laptop. Dan pada bagian driver batterai bisa jadi salah satu penyebab berkedipnya laptop saat charging.

Ada dua kemungkinan cara untuk mengatasi apabila itu benar terjadi, yaitu anda cukup mengembalikan versi driver baterai ke versi yang lama atau mengupdate driver yang ke versi terbaru.

Bagaimana langkah-langkahnya? cukup tekan kombinasi keyboard (Windows + X) kemudian pilih menu Device Manager, setelah itu anda pilih Batteries, kemudian expand menunya dan buka properties masing-masing submenu batteries dengan cara klik kanan.

Setelah itu akan muncul pop up jendela, selanjutnya pilih menu tab driver. Akan muncul lagi pop jendela tambahan seperti gambar di bawah.