Cara Mendapatkan Kuota Data Gratis dari Pemerintah untuk Belajar Online

Teka teki kapan dilaksanakannya program subsidi kuota internet gratis dari kemendikbud tahun 2021 terjawab sudah. Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Nadiem Makarim juga sudah menjelaskan siapa saja yang akan menerima bantuan kuota internet bulan Maret hingga Mei 2021 ini.

Jadi, menurut penjelasan dari Kemendikbud bahwa yang akan menerima subsidi ini adalah mereka-mereka para pelajar yang sudah menerima bantuan kuota internet pada periode November – Desember 2020 dipastikansecara otomatis akan terisi paket internetnya di bulan Maret ini.

Tapi ada pengecualiannya lagi yang mana para penerima bantuan kuota ini pada tahun 2020 tetapi penggunaannya dibawah 1GB akan dihapus dari daftar penerima yang secara otomatis masuk ke nomor hp yang didaftarkannya.

Nadiem Makarim juga mengatakan bahwa para pemimpin satuan pendidikan tidak perlu lagi melakukan proses unggahan SPTJM untuk yang sudah menerima bantuan kuota internet pada bulan November-Desember 2020.

Terkait nomor penerima bantuan kuota internet Kemendikbud yang kali ini berubah dari sebelumnya, begitu juga pelajar, guru, mahasiswa hingga dosen yang tidak mendapatkan subsidi kuota gratis pemerintah tahun lalu, memungkinkan menerima bantuan tersebut.

Baca Juga :   Cara Daftar DTKS.KEMENSOS.GO.ID KIS Agar Bisa Mendapatkan Bansos Tunai

Untuk para pelajar, guru, mahasiswa hingga dosen yang belum mendapatkan subsidi kuota internet gratis tahun lalu punya kesempatan pada tahun ini. Menujur Nadiem mereka akan menerima bantuan kuota internet di bulan April 2021, tidak bisa di Maret karena memang harus diproses terlebih dahulu dan mendahulukan data-data lama yang sudah terdaftar.

Cara Mendapatkan Kuota Internet Gratis Kemendikbud 2021

Kuota Internet Gratis

Adapun cara untuk mendapatkan subsidi kuota internet gratis dari kemendikbud pada periode Maret, April dan Mei 2021 ini adalah :

  1. Calon penerima subsidi kuota gratis harus melapor kepada pimpinan satuan pendidikan sebelum bulan April 2021
  2. Laporannya berupa permohonan bantuan atau subsidi kuota internet gratis untuk belajar
  3. Pemimpin satuan pendidikan akan mengumpulkan data calon penerima bantuan dan mengupload SPTJM untuk data nomor yang barubah (penerima lama yang berganti nomor) dan juga nomor baru ke https://vervalponsel.data.kemdikbud.go.id  atau http://pddikti.kemdikbud.go.id (untuk jenjang pendidikan tinggi)
Baca Juga :   Link untuk Cek BLT UMKM Rp 2,4 juta

Syarat Mendapatkan Subsidi Kuota Internet

Berikut ini adalah persyaratan untuk mendapatkan bantuan kuota internet gratis dari kemendikbud tahun 2021 sesuai dengan Peraturan Sekretaris Jenderal Kemendikbud Nomor 4 tentang Petunjuk Teknis Penyaluran Bantuan Pemerintah Paket Kuota Data Internet Tahun 2021.

Peserta didik pada PAUD dan jenjang pendidikan Dasar dan Menengah :

  • Terdaftar di aplikasi Dapodik
  • Memiliki nomor ponsel aktif atas nama peserta didik/orangtua/anggota keluarga/wali

Guru/Pendidik Pada PAUD dan Jenjang Pendidikan Dasar dan Menengah :

  • Terdaftar di aplikasi Dapodik
  • Memiliki nomor Ponsel Aktif

Mahasiswa

  • Terdaftar di aplikasi PDDikti dan berstatus aktif dalam perkuliahan atau dengan menuntaskan gelar ganda (Double Degree)
  • Memiliki kartu rencara studi pada semester berjalan
  • Memiliki nomor ponsel aktif

Dosen

  • Terdaftar di aplikasi PDDikti dan berstatus aktif
  • Memiliki nomor registrasi (NIDN, NIDK atau NUP)
  • Memiliki nomor ponsel aktif

Sumber : https://www.teknobgt.com/