Cara Memindahkan File dari HP ke Laptop

Hai sidikul.com disini, kebutuhan saat ini tentu sangatlah berbeda sekali dengan kebutuhan tahun-tahun sebelumnya, dimana kita yang dulu tidak butuh HP untuk kemana-mana sekarang HP seperti bagian dari tubuh dan kehidaupan kita.

Namun ada banyak hal positif juga yang bisa kita dapatkan dengan adanya HP didekat kita, salah satunya tentu saja adalah komunikasi yang jelas & baik antara saudara, teman & keluarga. Namun ada salahnya saat HP yang kita gunakan memori utama mengalami penuh kapasitas serta punya banyak HP dengan sedang mengalami keterangan yang sama.

Maka untuk anda ada punya banyak file di HP yang harus dipindah ke laptop atau komputer. Tetapi sayangnya anda sedang tidak membawa kabel USB untuk memindahkannya? Jangan khawatir. Anda masih bisa memindahkan file-file tersebut tanpa harus menggunakan kabel data yang tercolok antara HP dan juga laptop atau komputer.

File-file ini akan mudah dipindahkan tanpa haru mengurangi kualitas dari file tersebut. Biasanya anda mengirimnya melalui email atau melalui WhatsApp, maka file akan terkompres atau menjadi lebih kecil. File yang terkompres ini pastinya juga akan menurun kualitasnya.

Untuk memindahkan file agar tidak terkompres, tentu salah satu langkahnya dengan menggunakan kabel USB yang disambungkan dari HP ke komputer & laptop, sehingga oni adalah cara & langkah yang standar & biasa sering dilakukan. Namun bagaimana jika ternyata anda tidak membawa kabel USB, atau tidak punya kabel USB yang cocok dengan perangkat yang anda punya ?

Maka anda perlu untuk membaca beberapa cara berikut ini untuk bisa memindahkan data & file dari HP ke laptop anda dengan cepat mudah & gampang.

Cara Memindahkan Data & File dari HP ke Laptop

Untuk bias memindahkannya, ada beberapa cara yang bisa anda coba lakkan, bisa mulai dari menggunakan kabel data (paling umum) sampai menggunakan WiFi. Berikut ini saya ingin membahas tutorialnya. Silakan disimak:

1. Memindahkan data HP ke Laptop Lewat USB

Cara yang paling umum dilakukan untuk memindahkan data handphone ke laptop adalah dengan menggunakan USB. Biasanya, kabel USB bisa ditemukan di charger ponsel bawaan yang bisa dilepas. Nah, lepasannya itulah yang dinamakan USB.

Untuk melakukannya, Anda hanya perlu melakukan beberapa langkah seperti di bawah ini:

  • Hubungkan HP dengan laptop milik Anda dengan menggunakan USB. Kepala yang besar dicolokkan ke tempat flashdisk sementara yang kecil dicolokkan ke tempat biasa Anda melakukan proses pengisian baterai.
  • Nanti, di bagian atas layar ponsel akan muncul beberapa pilihan seperti: Hanya untuk Pengisian Daya, Transfer File (MTP), dan Transfer Foto (PTP). Anda hanya perlu memilih Transfer File (MTP). Hal ini agar laptop mendapat izin untuk membaca semua data yang ada di ponsel Anda.
  • Buka Dokumen dari laptop, dan pilih Computer
  • Nanti, di sana akan muncul nama perangkat ponsel Anda sesuai dengan merk dan tipe ponsel yang dimiliki. Misalnya adalah Redmi Note 4.
  • Double klik pada nama perangkat yang muncul.
  • Nanti, akan muncul dua pilihan. Yang pertama karu SD dan yang kedua penyimpanan internal. Jika file yang ingin Anda pindahkan berada di perangkat internal, maka pilih itu. Tetapi jika file yang akan Anda pindahkan berada di kartu SD, maka pilih kartu SD dengan cara melakukan double klik.
  • Nanti akan muncul beberapa folder yang ada di ponsel Anda ke layar laptop. Carilah file yang ingin dipindahkan.
  • Setelah ketemu, copy file yang ingin Anda pindahkan dari HP ke Komputer dengan menekan CTRL+C lalu pilih Local Disc D dan tekan CTRL + V.
  • Jika file cukup besar, maka akan ada pop up proses di layar laptop. Tunggu sampai proses itu mencapai 100% dan file di ponsel milik Anda telah tercopy ke laptop.

2. Pindahkan Pakai Card Reader

Cara ini saya rekomendasikan kalau data yang tersimpan di HP Anda lokasinya ada di kartu memori (bukan internal). Sudah tahu card reader?

Apa itu card reader ? Card Reader adalah perangkat khusus yang berfungsi untuk membuat kartu memori agar bisa terbaca di komputer. Biasanya bentuknya seperti flashdisk.

Tapi khusus laptop, kebanyakan sudah ada card reader bawaan, jadi bisa langsung dipakai.

  1. Lepas kartu memori dari HP Anda.
  2. Kemudian masukkan ke dalam card reader.
  3. Tunggu beberapa saat sampai kartu memori terbaca.
  4. Buka Computer > Pilih drive kartu memori > Kemudian salin data-data yang dibutuhkan.
  5. Terakhir, tinggal paste saja ke drive lain.

Ada satu hal yang perlu dicatat. Kalau kartu memori nggak bisa masuk ke card reader (terlalu besar port-nya), Anda harus membeli adapternya dulu.

3. Memindahkan File HP ke Komputer Tanpa Kabel

#Menggunakan Aplikasi SHAREit

SHAREit adalah sebuah aplikasi yang dapat digunakan di perangkat Android dan juga komputer atau laptop yang anda punya. Aplikasi ini dapat memindahkan foto, video, berkas, aplikasi, musik, dan masih banyak lagi.

File yang ditransfer menggunakan SHAREit juga tidak akan terkompres atau menurun kualitasnya. anda bisa mengirim file dari HP ke HP, atau dari HP ke laptop atau komputer.

#Menggunakan Aplikasi AirDroid

AirDroid juga merupakan salah satu aplikasi yang cukup terkenal di perangkat berbasis operasi Android. Cara kerjanya mirip dengan aplikasi SHAREit.

anda dapat mengirim berbagai macam jenis file dan berbagai ukuran. Selain itu, AirDroid juga bisa digunakan untuk mengakses file di HP melalui komputer atau laptop.


#Menggunakan Aplikasi Pushbullet

Aplikasi Pushbullet tidak hanya bisa mengirim file dari HP ke Laptop atau komputer. Pushbullet dapat menerima notifikasi aplikasi dan SMS dari HP-mu di komputer.

Bahkan kamu bisa mengetik SMS dari komputer dan Pushbullet akan mengirimnya secara otomatis. Pushbullet juga bisa digunakan untuk menjelajah file di HP menggunakan komputer layaknya berada di File Explorer.

Kesimpulan

Dalam memindahkan file & data dari HP ke Laptop itu adalah hal yang gampang banget untuk dilakukan, tergantung bagaimana cara dan melakukannya karena ada banyak cara yang bisa dicoba, namun kali ini sidikul berikan 3 yang menurut sidikul sangat bagus & juga mudah untk dilakukan meski pemula sekalipun.

4 pemikiran pada “Cara Memindahkan File dari HP ke Laptop”

  1. Wow, superb blog layout! How long have you been blogging for?
    you make blogging look easy. The overall look of your web site is magnificent,
    let alone the content!

    Balas
  2. My family members all the time say that I am killing my
    time here at net, but I know I am getting familiarity
    all the time by reading thes good articles.

    Balas
  3. I’m not that much of a online reader to be honest but your sites really nice, keep it up!

    I’ll go ahead and bookmark your website to come back later on. Many
    thanks

    Balas

Tinggalkan komentar