Cara Membuat Tiwul Singkong

Pasti anda kenal nasi tiwul bukan ? Tapi apa pernah anda membuatnya sendiri ? Begini lho cara membuat tiwul dari singkong itu. Kita yang kenal dengan makanan ini pasti akan sangat suka, bukan karena bentuknya melainkan dari rasa dari tiwul itu sendiri yang sangat khas.

Buat anda sebagai orang jawa dlu tentu tiwul adalah makanan khas yang enak dan juga makanan yang biasa, namun di beberapa daerah di Indonesia tiwul menjadi makanan yang sudah istimewa & enak banget.

Lalu apa sih tiwul itu ?

Tiwul

Makanan khas pengganti beras yang berbahan baku singkong disebut juga nasi tiwul. Gunung Kidul dan Wonogiri sering mengonsumsi nasi tiwul namun hanya Wonosobo yang berani berinovasi sejak 2008. Nasi tiwul atau lebih tepatnya tiwul telah diproduksi dan dikemas.

Proses pembuatan Tiwul

Untuk penjelasan proses pembuatan Tiwul secara singkat itu sebagai berikut, ada beberapa alat-alat yang digunakan untuk membuat tiwul supaya tiwul bisa jadi dengan gampang & cepat. Sebab tiwul yang enak tentu saja dari bahan singkong yang bagus & pada usia yang cukup.

Sehingga tiwul memiliki rasa yang khas & sedap meski tidak dengan bahan campuran lain. Untuk cara membuat tiwul atau cara gawe tiwul (bahasa jawa) itu seperti berikut ini, namun anda perlu tahu alat pembuat tiwul agar lebih mudah & cepat :

Bahan dan alat membuat tiwul :

  • Singkong atau biasa ada yang menyebutnya ubi kayu yang sudah dikupas
  • Daun pisang yang sudah dibersihkan
  • Alat tumbuk
  • Kelapa parut/gula merah yang dicairkan.

Jangan sampai lupa siapkan tiga alat yang digunakan untuk membuat tiwul atau bisa anda tulis saja 3 alat berikut agar membuat tiwul menjadi mudah & juga yang digunakan untuk membuat tiwul yang enak.

Cara Membuat Tiwul :

  1. Jemur singkong yang telah dikupas terlebih dahulu hingga kering, kira – kira empat hari atau satu minggu,
  2. Apabila singkong telah kering, cuci singkong tersebut lalu tumbuk kasar. Orang – orang biasanya menyebut singking kering ini sebagai gaplek.
  3. Setelah ditumbuk, bungkus singkong yang sudah ditumbuk dengan daun pisang dan lipat daun pisang serapi mungkin.
  4. Kemudian masukkan nasi tiwul ke dalam dandang, dan kukus hingga matang, kira – kira satu samapi satu setengah jam.
  5. Apabila nasi tiwul telah matang, angkat dari dandang lalu sajikan dengan gula merah yang telah dicairkan atau kelapa parut.

Itulah teknik pengolahan pangan yang digunakan tiwul supaya menjadi tiwul yang mentap.

Resep Tiwul Manis

Salah satu olahan tiwul yang  enak menurut kita adalah Tiwul manis karena selain enak juga kita bisa cepat & mudah dalam membuat olahan tiwul manis ini. Kita hanya perlu persiapkan bahan-bahan untuk membuat tiwul manis yang enak.

Siapkan Bahan-bahan,

  • 350 gram singkong yang sudah dikeringkan
  • 150 gram Gula merah
  • 200 gram kelapa parut
  • 2 lembar daun pandan yang panjangnya sekitar 20 cm, diikat simpul
  • 1 Lembar daun pisang
  • 350 ml gelas air
  • Garam secukupnya

Cara Memasak Tiwul Manis,

  1. Singkong yang sudah dikeringkan (gaplek) ditumbuk sampai jadi seperti tepung, kemudian percikkan sedikit air, lalu tumbuk lagi sampai didapatkan butiran kecil-kecil. Sisihkan dahulu, karena ini merupakan bahan utamanya.
  2. Panaskan dandang atau kukusan, jangan lupa alasi dengan menggunakan daun pisang.
  3. Masukkan butiran kecil singkong tadi ke dalam dandang.
  4. Tambah gula merah yang sudah diserut di atas gaplek, harus rata ya, tapi nggak semua kena gula merahnya juga nggak apa-apa, lalu kukus selama kurang lebih 1 jam, kemudian angkat.
  5. Setelah itu kukus kelapa parut bersama dengan daun pandan dan tambakan garam secukupnya, selama kurang lebih 15 menit, kemudian angkat angkat.
  6. Nasi tiwul siap disajikan bersama dengan kelapa parut.

Nah, itu tadi cara membuat nasi tiwul yang manis. Masih ada banyak resep lain yang bisa anda buat dirumah dengan bahan tiwul yang sudah jadi. Karena tiwul ini adalah bahan yang mudah untuk di olah menjadi berbagai resep masakan dari yang manis pedas sampai yang asin kayaknya bisa.

Demikian proses membuat tiwul & juga resep makanan dari bahan tiwul menjadi makanan yang enak & lezat.

Tinggalkan komentar