Home / Cara Cek Paket Barang JNE

Cara Cek Paket Barang JNE

Cara Cek Paket Barang JNE

Cara Cek Paket Barang JNE itu memang sangat mudah tapi anda juga faham dan ngerti maksud dari status yang di tampilkan. Ini agar anda tidak salah membaca dan tidak salah faham akan barang apakah sudah sampai atau belu,

Tentu siapa pu online shoppers yang tak kenal JNE? Bisa kita lihat hampir di seluruh toko online maupun saat kita berbelanja di marketplace, JNE selalu ada di list pilihan jasa pengiriman.

Tidak hanya terkenal, JNE juga telah meraih beberapa penghargaan sebagai ekspedisi favorit pilihan millenials, ekspedisi dengan pelayanan terbaik, dan sebagainya. Akan tetapi yang namanya jasa ekspedisi tetap saja tidak terhindarkan dari masalah keterlambatan.

Pedagang online biasa memanfaatkan jasa ekspedisi untuk urusan pengiriman barang. Salah satu jasa ekspedisi yang terkenal di Indonesia adalah Jalur Nugraha Ekakurir atau yang biasa disebut JNE. Nah, pengiriman barang selalu disertai dengan bukti kirim yang biasa disebut resi.

Pahami cara cek resi JNE!

Bagaimana cara cek paket barang JNE kita sudah sampai atau belum? Daripada kepikiran terus, yuk langsung aja simak penjelasan di bawah ini:

  1. Buka website resmi JNE: http://www.jne.co.id
  2. Setelah Beranda website terbuka, lihat kolom LACAK KIRIMAN di pojok kiri bawah.
  3. Isikan nomor resi paket anda pada kolom LACAK KIRIMAN tersebut.
  4. Lalu klik TRACKING.
  5. Ketikkan kode captcha apabila muncul captcha.
Baca Juga :   Kelebihan Suzuki Ignis TERBARU

Hasil pencarian akan ditampilkan seperti pada gambar di bawah ini:

Gambar di atas adalah contoh hasil pelacakan nomor resi dari paket barang yang sudah sampai di alamat tujuan (sudah diterima). Statusnya adalah Delivered to [Nama Penerima, tanggal paket diterima dan pukul berapa paket diterima].

Seperti telah disebutkan, pengiriman barang selalu disertai dengan bukti kirim yang biasa disebut resi. Mungkin anda sendiri sudah pernah atau sedang menggunakan layanan pengiriman barang melalui JNE?

Anda bisa mengecek status pengiriman barangmu melalui nomor resi yang terletak di bawah barcode.

Cara Mudah Cara Cek Resi JNE Lainnya

Berikut ini beberapa cara cek resi JNE:

1. Melalui website

Anda bisa langsung mengunjungi website resmi JNE yaitu jne.co.id melalui browser anda. Di halaman awal akan ada pilihan Trace and Tracking.

Anda hanya perlu memasukkan nomor resi kiriman kamu dan tunggu beberapa saat. Nanti hasilnya akan ada keterangan berupa status pengiriman lengkap dengan lokasi dan tanggal.

Baca Juga :   Strategi Jadi Imposter Among Us

2. Melalui aplikasi MyJNE

JNE sudah meluncurkan aplikasi MyJNE untuk memudahkan pelanggan dalam melakukan pengecekan status pengiriman. Dengan adanya aplikasi ini, pelanggan tidak perlu repot membuka website lagi untuk mengecek barang. Cukup install aplikasi MyJNE di smartphone berbasis Android, dan aplikasi langsung bisa digunakan dengan mudah.

Dalam aplikasi MyJNE terdapat empat fitur yaitu My Shipment, My Tariff, My Location, dan My COD. Untuk menggunakan fitur-fitur tersebut, anda harus mendaftar terlebih dahulu. Setelah mendaftar, anda akan mendapatkan email verifikasi. Setelah verifikasi, anda bisa langsung login dan menggunakan aplikasi MyJNE.

Untuk cek resi, anda bisa buka menu My Shipment. Masukkan nomor resi pada kolom Search Air Waybill. Nanti akan keluar status pengiriman paketmu.

Melalui aplikasi ini, anda juga bisa cek resi JNE anda dengan menggunakan kamera untuk menyorot barcode resi kiriman. Pastikan smartphone-mu mendukung scan barcode dan pastikan seluruh barcode terjangkau kotak merah pada layar. Setelah itu akan muncul status pengirimanmu sama seperti kalau anda mengetik nomor resi.

Baca Juga :   [PDF] Contoh Soal Tes CPNS PDF & Kunci Jawaban Untuk TWK, TIU dan TKP!

Aplikasi MyJNE juga bisa digunakan untuk mengecek tarif kiriman di menu My Tariff. Anda hanya perlu memasukkan kota asal dan kota tujuan serta berat barang di kolom yang disediakan.

3. Tanya langsung ke kantor JNE

Kalau anda tidak bisa menggunakan website maupun aplikasi karena misalnya, tidak tersedia sambungan internet, anda bisa cek resi JNE dengan bertanya langsung ke kantor JNE terdekat. Petugas akan menanyakan nomor resi kiriman, dan memberitahukan status kiriman anda .

Arti status Pengiriman JNE Terbaru

Lalu apa arti status-status lainnya?

Mari kita kupas arti penting dari status-status tersebut.

  • ON PROCESS : Barang sedang dalam proses pengiriman atau dalam perjalanan menuju ke kota tujuan.
  • SHIPMENT RECEIVED : Barang diterima di tempat transit.
  • RECEIVED AT ORIGIN GATEWAY : Barang sudah diterima di Gateway (Jalur) untuk dilanjutkan proses pengiriman ke kota alamat tujuan.
  • RECEIVED AT WAREHOUSE : Barang sudah diterima di gudang kota tujuan.
  • With Delivery Courir = Barang sedang dibawa oleh kurir untuk diantar ke alamat tujuan.

Demikianlah cara cek paket barang JNE dengan mudah. Sekarang anda sudah tahu kan, kalau barangmu sudah sampai statusnya apa?

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.