cara bikin daftar pustaka

Cara Bikin Daftar Pustaka

Sidikul.Com, Cara Bikin Daftar Pustaka – Sahabat Sidikul mendengar sebutan plagiat? Ini dapat terjalin sebab penulis tidak mencantumkan sumber asli dari bahan tulisan yang dibuatnya.

Dalam dunia sekolah juga, Anda dapat saja terjebak dalam kondisi ini bila tidak sanggup menuliskan sumber rujukan dari makalah yang terbuat dengan baik serta benar.

Meski terkesan gampang, tampaknya masih banyak yang kesusahan mempraktikkan cara penulisan daftar pustaka yang benar dalam akhir tulisannya.

Ciri baca & urutan sepanjang penulisannya jadi momok yang membuat seorang terburu malas buat mencantumkan bermacam rujukan sumber dari tulisannya.

Biar Anda tidak dicap sebagai plagiat serta bisa menuliskannya secara pas, berikut ini panduan cara bikin daftar pustaka yang pas cocok dengan jenis sumber yang dipakai.

Cara Bikin Daftar Pustaka yang Tepat & Benar

Penulisan Daftar Pustaka dari Sumber Buku

Terdapat sebagian hal yang butuh dicermati dalam menulis daftar pustaka dari sumber novel. Tetapi, perihal sangat utama merupakan mencermati urutan serta ciri bacanya. Berikut merupakan urutan suatu rujukan dari novel.

1. Nama

Nama penulis ditulis sangat awal. Ingat buat senantiasa menuliskan nama balik penulis terlebih dulu, setelah itu dilanjutkan dengan ciri koma(,) sehabis itu cantumkan nama depan serta tengah penulis novel tersebut.

Bila novel tersebut ialah karya dari 2 penulis ataupun lebih, cuma penulis awal yang urutan namanya dibalik.

Penulis kedua & seterusnya terletak setelahnya dengan urutan yang cocok nama aslinya. Bila pada novel tersebut nama penulis dicantumkan lengkap dengan gelar pembelajaran ataupun gelar lain, gelar-gelar tersebut tidak butuh dituliskan.

2. Tahun Terbit

Sehabis nama, cantumkan tahun terbit dari novel yang Anda pakai sebagai rujukan. Jangan terkecoh pada angka tahun cetakan dini karena dapat saja novel yang kalian gunakan ialah cetakan kedua, ketiga, maupun terakhir.

Baca Juga :   Wisata Semarang yang Sudah Buka

3. Judul Buku

Tuliskan judul bukumu secara lengkap. Jangan kurang ingat, penulisan judul terbuat dengan italic(miring).

4. Kota serta Nama Penerbit

Bagian terakhir dalam penulisan daftar pustaka suatu novel merupakan mencantumkan kota penerbitan serta nama penerbit yang mencetak novel tersebut.

Dahulukan penulisan nama kota, baru diiringi dengan nama penerbit yang dibatasi dengan ciri titik 2(:).

Perihal lain yang butuh dicermati merupakan ciri batasan dari masing-masing urutan. Yakinkan Anda memakai ciri titik(.) buat menghalangi urutan nama, tahun terbit, judul novel, sampai kota serta nama penerbit.

Contoh Daftar Pustaka dari Buku

Data Buku:

Judul     : Family Medical Care Volume 4

Penulis                 : Dr. John F. Knight

Penerbit              : Indonesia Publishing House

Kota Penerbit    : Bandung

Tahun Terbit      : 2001

Cara Penulisan:

Knight, John F. 2001. Family Medical Care Volume 4. Bandung: Indonesia Publishing House.

Penulisan Daftar Pustaka dari Postingan dalam Harian, Koran, ataupun Majalah

Tidak berbeda jauh dengan penulisan dari sumber berbentuk novel, Anda juga butuh mencantumkan nama penulis, tahun terbit, judul postingan, sampai kota serta nama penerbit.

Cuma saja, terdapat perbandingan penulisan buat sebagian urutan tersebut, ialah selaku berikut.

1. Nama

Yakinkan nama yang Anda tulis dalam daftar pustaka postingan tersebut merupakan penulis artikelnya, bukan editor dari harian, koran, maupun majalah yang jadi sumber rujukan.

2. Judul

Dahulukan penulisan judul postingan yang jadi sumber rujukan. penulisan tidak dengan format italic, melainkan tegak lurus dengan pemberian ciri kutip(“) pembuka serta penutup.

Sehabis itu, lanjutkan dengan penulisan sumber harian maupun majalah yang muat postingan tersebut. penulisan nama harian, majalah, ataupun koran baru dicetak miring. Ikutkan di taman berapa postingan tersebut dilansir yang ditulis dalam ciri kurung[(…)].

Contoh Penulisan Daftar Pustaka dari Artikel Jurnal

Data Artikel:

Judul Jurnal        : Sirok Bastra: Jurnal Kebahasaan dan Kesastraan Volume 1

Judul Artikel       : Bahasa Indonesia dalam Informasi dan Iklan di Ruang Publik Kota Pangkalpinang

Baca Juga :   Pengertian Digital Marketing

Penulis                 : Umar Solikhan

Penerbit              : Kantor Bahasa Provinsi Bangka Belitung Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan

Kota Terbit          : Pangkalpinang

Tahun Terbit      : 2013

Cara Penulisan:

Solikhan, Umar. 2013. “Bahasa Indonesia dalam Informasi dan Iklan di Ruang Publik Kota Pangkalpinang” dalam Sirok Bastra: Jurnal Kebahasaan dan Kesastraan Volume 1 (hlm. 123-129). Pangkalpinang: Kantor Bahasa Provinsi Bangka Belitung Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Penulisan Daftar Pustaka dari Internet

Tidak hanya postingan cetak, tidak tidak sering seorang mengambil sumber tulisannya dari artikel-artikel di internet(dalam jaringan. daring/online). Buat penulisan daftar pustaka dari internet semacam ini, urutannya merupakan sebagai berikut:

1. Nama

Metode penulisan nama buat postingan daring tidak berbeda dengan penulisan nama dari sumber novel ataupun postingan cetak.

2. Tahun Penayangan

Tuliskan tahun penayangan dari postingan tersebut.

3. Judul

Judul postingan daring tidak ditulis secara italic, melainkan cuma diapit ciri kutip(“).

4. URL

Jangan kurang ingat menyalin alamat URL dari postingan tersebut supaya bisa diakses bila terdapat yang mau meyakinkan kesahihannya.

5. Waktu Pengambilan

Di bagian akhir, jangan kurang ingat mencantumkan waktu pengambilan postingan daring itu secara lengkap, ialah bertepatan pada serta jam dikala kalian mengunduh maupun menjadikannya rujukan.

Tidak hanya urutan, permasalahan ciri batasan dalam daftar pustaka postingan internet/ daring agak berbeda dengan penulisan dari sumber cetak.

Ciri titik(.) sebagai batasan cuma berlaku buat mengakhiri nama penulis serta tahun penayangan. Sedangkan itu, pembatasan dari judul ke URL serta dari URL ke waktu pengambilan informasi berbentuk ciri koma(,).

Contoh Daftar Pustaka dari Internet (Artikel Daring)

Data Artikel:

Judul                     : Inikah Dampak Mematikan Pemanasan Global?

Penulis                 : Jeko Iqbal Reza

Tanggal Tayang : 29 Agustus 2015
Waktu Akses      : 10 Februari 2016, pukul 10.27

URL                        : http://tekno.liputan6.com/read/2304179/inikah-dampak-mematikan-pemanasan-global

Cara Penulisan:

Reza, Jeko Iqbal. 2015. “Inikah Dampak Mematikan Pemanasan Global”, http://tekno.liputan6.com/read/2304179/inikah-dampak-mematikan-pemanasan-global, diakses pada 10 Februari 2016 pukul 10.27.

Akhir Kata

Penulisan daftar pustaka itu cukup mudah dan juga gampang, hanya tau perbedaan mana yang harusnya dibedakan sesuai dengan pengambilan sumber data.

sumber, https://www.studiobelajar.com/penulisan-daftar-pustaka/