Cara Menghapus Nomor Telepon dari Tellows

Hapus Nomor Telepon dari Tellows, Untuk mengetahui identitas dibalik nomor telepon pada umumnya kita akan menggunakan aplikasi semacam Getcontact, TrueCaller atau WhosCall.

Tapi tidak ada diantara layanan-layanan tadi yang mempublikasikan informasi pemilik nomornya secara online dan bisa dilihat umum langsung.

Pasti anda pernah mencoba mencari nomor hp tidak dikenal ke Google dan Tellows (id.tellows.net) akan termasuk di halaman pertama hasilnya.

Di dalamnya kita bisa melihat dugaan siapa dibalik nomor tersebut dan ada ulasannya juga. Jadi tidak sebatas tag atau nama pemilik seperti di aplikasi lainnya.

Hal ini bisa bersifat informatif mengenali sales/marketing asuransi atau kartu kredit dan debt collector yang kadang sangat bisa mengganggu aktivitas sehari-hari. Bisa juga untuk menghindari penipuan.

Bahayanya tidak bisa melindungi data Pribadi

Tapi kalau ini nomor pribadi saya bisa membayangkan bisa jadi mimpi buruk bagai pemiliknya kalau disalahgunakan. Tidak seharusnya semua informasi pribadi bisa diakses umum, apalagi tidak ada kejelasan pengelolaan datanya.

Bahkan oleh Twitter Tellows Indonesia ikut mengumumkan reputasi negatifnya, walau memang menurut saya sekilas tidak ada nomor pribadi. Hampir semuanya berhubungan dengan debt collector, penipuan, spam atau telemarketing.

Kalau anda perhatikan kembali di halaman profil nomor Tellows hanya secara jelas memberikan informasi bagaimana menghapus komentar atau ulasan orang lain, tapi tidak bisa menghilangkan nomor anda dari databasenya.

Mencari Cara Blokir nomor Telepon dari Tellows

Karena hal itu saya sampai membaca kebijakan privasi mereka dan perusahaan ini asal Jerman/Eropa. Seharusnya mengikuti perlindungan data pribadi lewat undang-undang Uni Eropa: GDPR.

Dan untungnya ketemu pada bagian yang relevan berikut.

Right of Information

You have the right to obtain the information about your person any time. If you have further questions regarding the privacy policy or need more information on a certain point, you can contact our data protection officer at datenschutz@tellows.de.

Right of removal of comments on a telephone number

On tellows, every user can leave comments regarding any telephone number. These comments represent the opinion of the comment’s author and not the opinion of tellows on that phone number. Which is why we created an option to delete comments. Under every comment in the mobile version of the website (not in the app), there is a button called „Report the comment as spam“. With a simple click on this button, comments are directly deleted.

Questions about Privacy

If further questions or suggestions regarding the subject of privacy might arise, please contact our data privacy officer Christian Anton at datenschutz@tellows.de.

Mengajukan permintaan perlindungan privasi

Akhirnya saya mencoba menghubungi email datenschutz@tellows.de untuk menanyakan prosedur penghapusan nomor dari databae Tellows, dan saya baru tahu kalau datenschutz itu bahasa Jermannya privasi.

Singkat cerita, ya kita bisa meminta ke Tellows agar informasi mengenai nomor kita untuk dihapus. Dan pakai bahasa Inggris, kalau kesulitan bisa pakai Google Translate.

Cara Menghapus Nomor telepon di Tellows

  1. Kirimkan email ke datenschutz@tellows.de.
  2. Tulis bahwa kita ingin menghapus nomor telepon yang tercatat di layanan mereka.
  3. Nanti dalam 1×24 jam akan dibalas untuk verifikasi kepemilikan nomor ponsel tersebut.
  4. Kalau sukses validasinya maka akan segera diproses dalam sehari.

Saya mencobanya dengan nomor teman wanita yang jadi inspirasi tulisan ini karena jadi sasaran teror pinjaman online, padahal cuma kontak daruratnya bukan yang ngutang.

Leave a Comment